Apakah Pramugari Boleh Bertugas Saat Hamil? Ini Jawabannya

Apakah Pramugari Boleh Bertugas Saat Hamil? Ini Jawabannya

Bisakah Pramugari Bertugas Waktu Hamil

Apakah Pramugari Boleh Bertugas Saat Hamil? Ini Jawabannya
Apakah Pramugari Boleh Bertugas Saat Hamil? Ini Jawabannya

Profesi penerbangan,khususnya sebagai pramugari adalah pekerjaan yang diminati oleh banyak kaum wanita di Indonesia maupun di dunia. Pekerjaan ini termasuk salah satu pekerjaan yang berkelas dan bergengsi di Indonesia. Tidak heran kenapa setiap adanya recruitmen pramugari pasti dipenuhi banyak pelamar. Namun selain persaingan yang ketat karena banyaknya pelamar, syarat yang ketat dan tahap tes yang panjang sering menjadi penyebab gagalnya kandidat. Apakah Pramugari Boleh Bertugas Saat Hamil?

Tidak sedikit aturan yang ada sebagai kebijakan maskapai kepada seluruh staff yang bekerja di maskapai. Sebagai contohnya larangan hamil dan menikah ketika mendaftar pramugari. Syarat seperti itu pastinya berbeda pada setiap maskapai penerbangan. Untuk mengetahui pembahasan selanjutnya, baca terus Apakah Pramugari Boleh Bertugas Saat Hamil?

Apakah Pramugari Boleh Bertugas Saat Hamil

Adanya peraturan seperti itu sebenarnya juga demi kebaikan semua orang yang terlibat dalam suatu penerbangan. Sudah menjadihal yang wajar apabila seorang wanita ingin menikah dan memiliki anak. Lalu Apakah Pramugari Boleh Bertugas Saat Hamil? Karena cukup banyak pertanyaan seperti itu maka admin akan memberikan jawabannya. Simak terus penjelasan ini apabila anda penasaran dengan jawaban dari pertanyaan itu.

Bolehkah Pramugari Hamil Tetap Bisa Bertugas? Inti jawaban dari pertanyaan yang seperti itu kembali lagi pada peraturan maskapai tempat pramugari bekerja. Hal itu disebabkan karena setiap maskapai mempunyai aturan masing-masing kepada pramugarinya.

Toleransi Izin Tugas Pramugari yang Hamil

Ada beberapa maskspai penerbangan di Indonesia yang mengizinkan pramugarinya terbang saat hamil. Tapi hal itu pasti ada syaratnya, yaitu ada batas usia kehamilan tertentu. Pada umur kehamilan yang masih muda, pramugari masih diperbolehkan bertugas. Tapi pada usia 3 bulan terakhir usia kehamilan maka pramugari dilarang untuk terbang.

Bisakah anda bayangkan bagaimana penampilan pramugari jika tetap bekerja ketika kondisi hamil tua. Pasti penampilannya menjadi kurang menarik dan tentu bisa mengganggu kenyamanan penumpang. Terlebih lagi tugas pramugari yang tidak mudah misalnya harus membantu menaruh barang bawaan penumpang ke bagasi. Apalagi pramugari dalam keadaan mengandung. Demi kebaikan bersama, dibuatlah aturan kerja untuk pramugari yang sedang hamil.

Beberapa Resiko Saat Hamil Naik Pesawat

Langkah pertama, perlu dilakukan pemeriksaan ke dokter kandungan apakah aman atau tidak untuk naik pesawat. Karena meskipun kehamilan normal-normal saja, hal seperti ini sangat penting untuk dilakukan. Jika anda memiliki riwayat penyakit darah tinggi, diabetes dan pernah melahirkan secara prematur maka sebelum naik pesawat lakukanlah pengecekan ke dokter.

Patuhi juga berbagai aturan yang diadakan oleh pihak maskapai untuk ibu hamil, Berikut ini adalah beberapa resiko naik pesawat dalam keadaan hamil:

Menurunnya Oksigen Darah

Oksigen darah yang turun dapat terjadi dikarenakan tekanan udara yang menurun saat penerbangan. Tapi asalkan keadaan kesehatan anda baik-baik saja , hal tersebut tidak akan beresiko pada janin.

Resiko Keguguran

Kelainan pada janin dan resiko keguguran bisa terjadi di akibatkan karena radiasi yang ada ketika berada pada ketinggian tertentu. Tak perlu khawatir jika anda hanya sesekali saja naik pesawat ketika pergi ke tempat jauh. Karena peringatan seperti ini ditujukan khusus kepada ibu hamil yang seringkali memakai jasa pesawat terbang.

Pembekuan Darah/ Varises

Cara efektif untuk meminimalisir terjadinya varises adalah dengan memakai stoking/ kaos kaki yang setinggi lutut. Dan kalau bisa kaos kaki tersebut memang diproduksi untuk penerbangan.

Sertifikat Fit To Fly Pramugari

Biasanya maskapai penerbangan memperbolehkan pramugari yang hamil untuk terbang bertugas pada batas usia kehamilan tertentu. Dan batas usia kehamilan pramugari yang masih diperbolehkan bertugas adalah 32 minggu atau 8 bulan. Tapi jika seorang pramugari memiliki sertifikat yang bernama Fit To Fly yang telah ditanda tangani oleh dokter kandungan maka pramugari tetap bisa bertugas.

Isi dari sertifikat Fit To Fly adalah seseorang yang hamil namun dalam keadaan sehat dan tidak ada riwayat keguguran. Hasil dari pengecekan yang ada berisi jika kehamilan dalam keadaan normal dan tidak ada potensi melahirkan sewaktu-waktu di pesawat. Dan izin terbang dengan sertifikat Fit To Fly tadi dibatasi hanya sampai usia kehamilan 36 minggu, namun tetap kembali lagi pada aturan maskapai.

Cara Aman Naik Pesawat

Supaya tubuh tetap sehat dan penerbangan menjadi nyaman, maka anda bisa melakukan beberapa hal ini:

  • Renggangkan kaki anda selama di tempat duduk pesawat supaya sirkulasi darah menjadi lebih lancar.
  • Gunakan pakaian yang berukuran besar supaya lebih terasa nyaman
  • Kencangkan sabuk pengaman di bawah perut
  • Minum banyak cairan supaya tubuh tidak dehidrasi

Kesimpulan : Apakah Pramugari Boleh Bertugas Saat Hamil?

Kehamilan bukanlah suatu hambatan untuk melakukan penerbangan menggunakan pesawat terbang. Walaupun ibu hamil termasuk aman untuk naik pesawat, namun jangan pernah memaksakan diri jika dokter melarang untuk menggunakan transportasi udara. Kesimpulannya, pramugari tetap bisa bertugas meskipun sedang hamil dengan beberapa syarat berikut ini:

  • Ketika bertugas kesehatan pramugari dalam keadaan prima
  • Umur kehamilan tidak boleh lebih dari 8 bulan atau 32 minggu
  • Apabila terbang pada usia lebih dari 8 bulan, pramugari tetap bisa terbang dengan membawa sertifikat Fit To Fly. Sertifikat tersebut harus sudah ditanda tangani oleh dokter kandungan
  • Setiap maskapai penerbangan mempunyai aturan masing-masing kepada semua staffnya. Termasuk tidak semua maskapai penerbangan memperbolehkan pramugarinya bertugas ketika hamil.

Kurang lebihnya seperti itu pembahasan dari admin tentang Apakah pramugari boleh bertugas saat hamil? Jika anda tertarik untuk menjadi pramugari, alangkah baiknya masuk ke pelatihan pendidikan pramugari terlebih dahulu.

Jika anda tetap mencoba mendaftar tes pramugari namun tanpa bekal ilmu penerbangan dan kepramugarian maka peluang untuk lolos menjadi lebih kecil. Karena selain proses tes yang panjang para saingan anda nantinya adalah para lulusan sekolah pramugari yang siap melewati seluruh rangkaian tes.

Oleh sebab itu suatu langkah tepat jika mengikuti pendidikan singkat pramugari yang ada di FAAST Penerbangan. Karena disana anda akan mendapatkan banyak bekal ilmu penerbangan dan kepramugarian. Antara lain seperti Grooming, Fire Figting, Table Manner, Bahasa Inggris, Make Over dll. Berikut ini Informasi Pendaftaran FAAST Penerbangan.

Informasi Pendaftaran FAAST Penerbangan

FAAST Penerbangan siap menjawab tantangan pertumbuhan dan perkembangan transportasi udara yang semakin tahun semakin berkembang

Apakah Pramugari Boleh Bertugas Saat Hamil? Ini Jawabannya
Apakah Pramugari Boleh Bertugas Saat Hamil? Ini Jawabannya

FAAST Penerbangan memiliki metode pelatihan singkat, profesional dengan biaya pendidikan terjangkau. Tempat pendidikan yang nyaman didukung dengan pelayanan yang ramah & profesional adalah kunci keberhasilan dalam menyiapkan SDM dunia penerbangan yang siap bersaing di dunia kerja

FAAST Penerbangan selain memberikan pendidikan & pelatihan, juga berusaha membantu peserta pendidikan untuk bisa bekerja didunia penerbangan melalui pembekalan ilmu sesuai kebutuhan maskapai penerbangan serta bahasa inggris yang komunikatif dan interaktif. FAAST Penerbangan juga memberikan pembentukan mental dan kepribadian sehingga menciptakan SDM yang berkualitas dan berkarakter. Tidak hanya itu, FAAST Penerbangan juga memiliki instruktur yang berkualitas dan berpengalaman.

 

Baca Juga : Syarat Pramugari, Apakah Jadi Pramugari Harus Perawan?

Baca Juga : Syarat Tinggi Badan Pramugari & Berat Badan Idealnya

Cara pendaftaran FAAST Penerbangan sangat mudah, yaitu dengan mengisi Formulir Pendaftaran Online Disini! Setelah itu membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 250.000 ke nomor rekening resmi kampus FAAST : BANK BRI 02-470-100-1568-304 an FAAST Penerbangan

  • Konfirmasi pembayaran ke panitia FAAST Kak DESTA 0822-2000-7377 (WA/ Telp)
  • Anda akan diberikan username dan password untuk melakukan tes online di web FAAST
  • Tes interview akan dilakukan via telepon
  • Hasil pengumuman tes di informasikan melalui email
  • Jika lulus seleksi, lanjutkan dengan melakukan membayar daftar ulang yang bisa di koordinasikan dengan panitia FAAST Penerbangan
  • Panitia FAAST Kak DESTA 0822-2000-7377 (WA/ Telp)

Hati-hati dengan oknum yang mengatasnamakan FAAST Penerbangan, segala bentuk pembayaran hanya akan dilayani melalui nomor rekening resmi FAAST BANK BRI 02-470-100-1568-304 an FAAST Penerbangan

Demikian pembahasan tentang Apakah Pramugari Boleh Bertugas Saat Hamil? Jika anda merasa artikel ini bermanfaat, maka anda boleh untuk share artikel ini. Terimakasih!

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *