Apakah Syarat Menjadi Pramugari Harus Bisa Renang? Ini Penjelasannya

Apakah Syarat Menjadi Pramugari Harus Bisa Renang? Ini Penjelasannya

Tips Menjadi Pramugari

Apakah Syarat Menjadi Pramugari Harus Bisa Renang? Ini Penjelasannya
Apakah Syarat Menjadi Pramugari Harus Bisa Renang? Ini Penjelasannya

Profesi penerbangan memang menawarkan banyak keunggulan dan kelebihan yang membuat banyak orang tertarik bekerja di dunia Airlines. Ada beberapa jenis profesi bergengsi di dunia penerbangan yang tentu banyak diminati para remaja di Indonesia. Dan profesi yang banyak diminati oleh wanita di Indonesia maupun di dunia adalah Pramugari/ Flight Attendant. Tentu setiap perusahaan memiliki persyaratan untuk perekrutan karyawannya, termasuk pula syarat untuk menjadi pramugari. Ada berbagai pertanyaan seputar persyaratan menjadi pramugari, misalnya Apakah Syarat Menjadi Pramugari Harus Bisa Renang?

Jadi kali ini admin akan membahasnya supaya dapat mengurangi rasa penasaran para FA Wannabe. Berikut ini Syarat Menjadi Pramugari. Menjadi Pramugari Apakah Harus Bisa Berenang?

Pengertian Pramugari

Pramugari atau Flight Attendant merupakan awak kabin yang mendampingi tujuan penerbangan penumpang. Pramugari bertugas menjaga kenyamanan, keamanan dan keselamatan penumpang selama penerbangan. Karena profesi pramugari yang begitu bersiko, sehingga untuk menjadi pramugari memang tidak mudah. Setiap maskapai penerbangan memiliki kriteria masing-masing dalam penerimaan pramugarinya. Jadi dibutuhkan persiapan khusus seperti penguasaan wawasan dan skill kepramugarian.

Syarat Menjadi Pramugari

Setiap maskapai penerbangan memiliki kriteria pramugari masing-masing, oleh sebab itu admin akan memberikan syarat menjadi pramugari secara umum. Jika ada perbedaan syarat masuk pramugari pasti itu tidaklah banyak, hanya beberapa saja. Apakah Syarat Menjadi Pramugari Harus Bisa Renang?

1.Wanita

Syarat pertama menjadi pramugari adalah orang tersebut harus wanita, karena jika pria itu namanya pramugara. Untuk status kewarganegaraan tergantung dari maskapai itu sendiri. Biasanya maskapai lokal mewajibkan pramugarinya itu WNI atau Warga Negara Indonesia, namun untuk maskapai internasional pasti berbeda lagi.

2.Usia Minimal 18 Tahun

Kebanyakan maskapai penerbangan memberikan syarat kepada calon pramugarinya itu berusia minimal 18 tahun, untuk usia maksimal terbilang variatif. Sebagai contoh di maskapai Garuda Indonesia syarat usia maksimal pramugari adalah 27 tahun, namun di maskapai lainnya mungkin peraturannya berbeda. Usia 18 tahun adalah usia produktif yang mana seseorang sudah bisa masuk ke dunia kerja.

3.Pendidikan Minimal SMA

Syarat pendidikan minimal menjadi pramugari adalah SMA/SMK/MA sederajat, namun pihak maskapai tidak menutup kesempatan bagi yang lulusan D3 atau S1. Dan maskapai akan lebih mengutamakan kepada kandidat lulusan D3 atau S1. Tapi diterima atau tidaknya itu tergantung dari skill, wawasan dan keberuntungan kandidat tersebut. Tingkat pendidikan tidak menjamin bisa diterima menjadi pramugari profesional.

4.Berpenampilan Menarik & Berkepribadian Baik

Penampilan menarik adalah hal utama untuk menjadi pramugari, penampilan menarik bukan berarti harus cantik dan seksi. Namun bagaimana cara berpakaian, cara berbibacara, cara make up dan sebagainya. Seorang pramugari sangat penting untuk bisa berpenampilan menarik, karena hal itu menyangkut pada kenyamanan penumpang. Bayangkan jika pramugari memakai seragam asal-asalan, bahkan malah tidak mandi. Pasti semua penumpang merasa tidak nyaman bahkan bisa merasa ilfeel. Karena itulah pentingnya penampilan menarik, jadi pramugari yang sering ditemui adalah pramugari yang cantik, wangi dan sebagainya.

Namun penampilan menarik jika tidak didampingi dengan kepribadian yang baik akan terasa kurang lengkap.Sopan santun dan tutur kata yang baik adalah ciri seorang pramugari profesional meskipun kita tidak tahu bagaimana suasana hatinya. Bisa saja pramugari tersebut habis putus cinta atau penyebab lainnya, meskipun begitu sebagai pramugari harus tetap bisa bertugas dengan sebaik mungkin. Sebagai pramugari harus bisa merepresentasikan bagaimana kualitas sebuah maskapai penerbangan, caranya adalah dengan memberikan pelayanan terbaik kepada penumpang. Karena penilaian maskapai bisa saja diambil dari bagaimana pramugari memberikan pelayanannya terhadap penumpang.

5.Sehat Jasmani & Rohani

  • Kesehatan Jasmani adalah koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam kondisi yang normal.
  • Kesehatan Rohani merupakan kesehatan jiwa manusia atau makhluk hidup yang memiliki akal dan pikiran, jika seorang tersebut memiliki koordinasi pikiran dan hati yang tenang sekaligus nyaman pada saat itu juga.

Syarat ini penting bagi pramugari, karena seorang pramugari nantinya harus melakukan penerbangan yang jauh dan memiliki banyak tugas. Akan menjadi suatu masalah jika pramugari mempunyai kesehatan yang kurang baik, karena bisa mengganggu tugas penerbangan. Oleh sebab itu memiliki fisik yang kuat dan sehat merupakan nilai plus untuk bisa menjadi pramugari.

6.Bisa Berbahasa Inggris

Salah satu cara berkomunikasi dengan penumpang luar negeri yang tidak bisa berbahasa Inggris adalah dengan menggunakan bahasa Inggris. Bahasa Inggris adalah bahasa Internasional yang wajib bisa dikuasai pada era modern seperti sekarang. Bayangkan saja jika seorang pramugari tidak bisa berbahasa Inggris, jika demikian bagaimana cara mengetahui keinginan penumpang tersebut? Misalnya penumpang itu minta minuman bisa-bisa malah dikasih makanan, waduh bisa kacau!

Namun sebenarnya kemampuan bahasa Inggris ini bukan hanya untuk profesi pramugari saja. Meskipun anda tidak ingin menjadi pramugari bahasa Inggris tetap penting untuk dipelajari di jaman sekarang ini. Tips mempelajari bahasa Inggris adalah dengan mempelajari Grammar.

7.Belum Pernah Menikah

Syarat belum pernah menikah pada pramugari hampir ada di setiap maskapai penerbangan yang membuka rekrutmen pramugari. Entah penyebab pastinya apa namun kenyataannya semua maskapai penerbangan menerapkan syarat seperti itu. Tapi belum menikah ini bukan berarti tidak boleh menikah ya sist, pihak maskapai tetap membolehkan pramugarinya menikah asalkan dengan persyaratan tertentu. Misalnya seorang pramugari harus menjadi karyawan tetap terlebih dahulu atau aturan yang lainnya sesuai kebijakan maskapai penerbangan.

Apakah Syarat Menjadi Pramugari Harus Bisa Renang

Nah lalu apakah syarat pramugari harus bisa berenang? Menjawab pertanyaan itu kita perlu ketahui seperti apa tugas seorang pramugari. Tugas pramugari adalah menjaga kenayamanan, keamanan dan keselamatan penumpang selama penerbangan. Misalnya sedang terjadi keadaan darurat maka pramugari harus siap sigap melakukan evakuasi. Dan skill berenang ini akan berfungsi ketika sedang terjadi hal yang tidak di inginkan, seperti pesawat harus mendarat di air karena suatu penyebab. Maka untuk mempercepat proses evakuasi adalah dengan memanfaatkan skill berenang sang pramugari.

Demi mendukung keamanan dan keselamatan, maka jawaban untuk pertanyaan Apakah Syarat Menjadi Pramugari Harus Bisa Renang? Jawaban dari pertanyaan itu adalah IYA!

Karena itulah penting untuk masuk ke sekolah pramugari terlebih dulu sebelum mengikuti seleksi pramugari yang ada. Akan ada banyak bekal untuk mengikuti tes seleksi pramugari jika masuk ke sekolah pramugari antara lain :

  1. Mockup Wet Drill
  2. Fire Fighting
  3. Table Manner
  4. CPR
  5. Make Over
  6. Grooming & Attitude
  7. OJT / PKL/ On The Job Training
  8. Praktek Terbang
  9. Bursa Kerja

Tentu masih banyak lagi keuntungan jika masuk ke sekolah pramugari. Berikut ini cara pendaftaran masuk sekolah pramugari terbaik Indonesia FAAST Penerbangan.

Baca Juga : Cara Menghitung Berat Badan Ideal Pramugari

Baca Juga : Tips Lolos Tes Kesehatan Pramugari Garuda Indonesia

Informasi Pendaftaran FAAST Penerbangan

Apakah Syarat Menjadi Pramugari Harus Bisa Renang? Ini Penjelasannya
Apakah Syarat Menjadi Pramugari Harus Bisa Renang? Ini Penjelasannya

Untuk pendaftaran di FAAST sangat mudah, caranya adalah dengan MENGISI FORMULIR PENDAFTARAN. Dan ikuti langkah pendaftarannya. Untuk Informasi mengenai pendaftaran atau pertanyaan lain, maka anda bisa menghubungi panitia FAAST ke 0822 2000 7377 (WA/ Telp) Kak DESTA.

Demikian artikel tentang Apakah Syarat Menjadi Pramugari Harus Bisa Renang? semoga bisa menambah wawasan anda dalam mengetahui potensi menjadi pramugari. Apabila dirasa artikel ini bermanfaat maka anda bisa share artikel ini kepada teman atau kerabat dekat anda. Terimakasih!

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *