Bolehkah Pramugari Menikah, Masa Kontrak Kerja Pramugari

Apakah Pramugari Boleh Menikah

Bolehkah Pramugari Menikah, Masa Kontrak Kerja Pramugari

Bolehkah Pramugari Menikah, Masa Kontrak Kerja Pramugari

Banyak wanita mendambakan profesi sebagai pramugari, namun banyak juga yang merasa kurang percaya diri setelah melihat persyaratan menjadi pramugari. Sehingga banyak bermunculan pertanyaan mengenai hal kriteria masuk pramugari, salah satunya ‘Apakah Pramugari Boleh Menikah?’. Mari kita bahas bersama pertanyaan tersebut secara lebih jelas, lebih jelasnya simak terus Bolehkah Pramugari Menikah | Masa Kontrak Kerja Pramugari.

Sebelum bisa mengikuti berbagai tahap tes pramugari, pertama kalian harus memenuhi persyaratan jadi pramugari dibawah ini.

Persyaratan Jadi Pramugari

Setiap maskapai penerbangan pasti memiliki kriteria tertentu dalam perekrutan pramugari, namun pada intinya persyaratan pramugari itu hampir sama. Berikut ini syarat menjadi pramugari:

  1. WNI
  2. Wanita
  3. Usia minimal 18 tahun, maks 27 tahun
  4. Tinggi minimal 158cm, berat badan ideal
  5. Berpenampilan menarik dan berkepribadian baik
  6. Belum pernah menikah
  7. Pendidikan minimal SMA sederajat
  8. Bisa berbahasa Inggris
  9. Tidak berkacamata, tidak memiliki mata minus (minus – 3.00, silindris C – 1.00)
  10. Sehat jasmani dan rohani

Dari persyaratan diatas, poin nomor 6 disebutkan bahwa ‘Belum pernah menikah’. Jika diantara kalian sudah pernah menikah mungkin saja ada profesi lain yang ebih cocok buat kalian. Jangan kecil hati karena pasti ada pekerjaan yang lebih bagus diluar sana yang bisa menerima kalian yang sudah menikah.

Bolehkah Pramugari Menikah?

Tidak ada larangan untuk melaksanakan pernikahan karena itu adalah hak setiap manusia, termasuk memiliki keturunan. Namun ketika kita memiliki keinginan untuk masuk ke pekerjaan tertentu, maka kita harus mematuhi peraturan yang ada di perusahaan. Karena hal tersebut demi kebaikan bersama juga, tidak bermaksud membatasi kebebasan karyawannya. Kenapa pramugari tidak boleh menikah? Pada prakteknya peraturan ini kembali lagi ke aturan yang ada di masing-masing maskapai.

Pada umumnya pramugari tidak disarankan untuk menikah terlebih dahulu, bukan pernikahan yang dikhawatirkan namun yang jadi masalah ketika pramugari setelah menikah dan mempunyai anak. Kondisi hamil seorang pramugari, bahkan misalnya usia kehamilan pramugari sudah tua dan membesar tentu akan mengganggu penampilan dan kinerja sang pramugari. Yang paling bahaya adalah tentang keselamatan pramugari dan bayi yang masih dikandung pramugari tersebut.

Apalagi masih ditambah dengan cuti  yang akan diambil sebelum dan sesudah melahirkan. Pihak maskapai tentu enggan mengambil resiko kerugian akibat banyaknya cuti yang diambil pramugari (dikecualikan jika sudah karyawan tetap). Kesimpulannya, sebenarnya jadi pramugari bukannya tidak boleh menikah, hanya saja sebisa mungkin mau untukmenunda pernikahan hingga kontrak kerjanya habis/ selesai.

Masa Kontrak Kerja Pramugari

Tentang larangan untuk tidak menikah dulu biasanya sudah tertulis di surat kontrak perjanjian kerja pramugari. Isi kontrak dan paalnya tentu bisa berbeda pada setiap maskapai penerbangan satu dengan yang lainnya. Pada umumnya isi perjanjian tersebut ” Pihak kedua tidak boleh hamil selama masa masa kontrak kerja berlangsung”. Apabila ada pramugari yang tetap memutuskan untuk menikah dan lalu hamil, maka dia harus segera mengajukan suratpengunduran diri kepada pihak maskapai penerbangan. Hmm peraturannya cukup keras ya sist, tapi pasti hampir semua maskapai menerapkan peraturan seperti itu kepada seluruh pramugarinya.

Dari sumber yang terpercaya menyebutkan, pada dasarnyapramugari boleh menikah namun harus tetap mematuhi peraturan perusahaan yang berlaku. Pada kontrak awal masuk, biasanya seorang pramugari akan diberikan masa ikatan kerja selama 2-3 tahun. Jika telah menyelesaikan masa kontrak tersebut, pramuari bisa menambah masa kontrak dengan catatan pramugari tersebut harus memiliki penilaian yang bagus sehingga layak untuk diperpanjang kontraknya.

Pada masa ini, pramugari diperbolehkan untuk menikah namun belum diperbolehkan untuk hamil, jika hamil maka terpaksa pramugari harus resign/ keluar dari perusahaan. Namun jika pramugari tersebut ingin masuk lagi ternyata diperbolehkan, namun harus mendaftar lagi seperti awal. Dengan melakukan pendaftaran yang seperti ini, pramugari mendapatkan pangkat sebagai ‘Pramugari Berpengalaman’.

Tapi perlu diingat ya, peraturan seperti itu tidaklah mutlak dan itu tergantung dari peraturan maskapai penerbangan terkait. Tapi ada maskapai yang mau memberikan cuti hamil/ cuti gravida, waktu cuti hamil tersebut selama 1 tahun. Namun keistimewaan tersebut bisa didapatkan bagi pramugari yang telah menjadi karyawan tetap. Cuti tersebut akan didapatkan setelah melaporkan keadaannya kepada petugas kesehatan yang bekerja sam dengan maskapai penerbangan.

Setelah masa cuti tersebut terlewati, lalu pramugari tersbeut akan mengikuti masa training seperti awal mulai dari pelatihan safety, perfrmance dan lainnya. Karena hal ini butuh diperbarui lagi, karena bisa saja berat pramugari yang bertambah setelah melahirkan. Dan training ini sangat penting untuk menetukan bahwa pramugari ini masih layak atau tidak untuk kembali bekerja seperti dulu.

Lalu Apakah Pramugari Boleh Menikah? Apakah Pramugari Boleh Hamil?.. Semua itu kembali lagi tergantung peraturan dari maskapai penerbangan yang terkait. Ada maskapai yang menetapkan peraturan yang sangat ketat, namun ada pula yang memberikan kemudahan dan kelonggaran.

Cara Menjadi Pramugari

Bolehkah Pramugari Menikah, Masa Kontrak Kerja Pramugari

Bolehkah Pramugari Menikah, Masa Kontrak Kerja Pramugari

Buat kalian yang ingin menjadi pramugari profesional, maka cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan sering-sering mengecek bagian career di website maskapai penerbangan. Karena pihak maskapai penerbangan pasti akan mengupdate informasi lowongan pramugari atau posisi lainnya secara berkala. Menjadipramugari dibutuhkan persiapan khusus, seperti skill kepramugarian, ilmu penerbangan dan kesiapan mental yang cukup.

Berita baiknya kini sekolah pramugari FAAST Penerbangan sedang membuka kelas baru untuk pendaftaran tahun ini.

FAAST Penerbangan siap menjawab tantangan pertumbuhan dan perkembangan transportasi udara yang semakin tahun semakin berkembang

FAAST Penerbangan memiliki metode pelatihan singkat, profesional dengan biaya pendidikan terjangkau. Tempat pendidikan yang nyaman didukung dengan pelayanan yang ramah & profesional adalah kunci keberhasilan dalam menyiapkan SDM dunia penerbangan yang siap bersaing di dunia kerja

FAAST Penerbangan selain memberikan pendidikan & pelatihan, juga berusaha membantu peserta pendidikan untuk bisa bekerja didunia penerbangan melalui pembekalan ilmu sesuai kebutuhan maskapai penerbangan serta bahasa inggris yang komunikatif dan interaktif. FAAST Penerbangan juga memberikan pembentukan mental dan kepribadian sehingga menciptakan SDM yang berkualitas dan berkarakter. Tidak hanya itu, FAAST Penerbangan juga memiliki instruktur yang berkualitas dan berpengalaman.

Informasi Pendaftaran Sekolah Pramugari FAAST Penerbangan

Setiap tahunnya FAAST Penerbangan membuka gelombang pendidikan pada bulan  Juli dan November. Pada setiap gelombang pendidikan, kuota peserta didik terbatas untuk 150 orang saja. Jadi pendaftaran dapat ditutup kapan saja apabila kuota sudah terpenuhi. Untuk calon siswa yang mendaftarkan diri namun kuota ternyata sudah penuh maka akan masukke gelombang berikutnya.

Syarat Pendaftaran FAAST Penerbangan

Berikut ini adalah persyaratan masuk sekolah pramugari FAAST Penerbangan:

  1. Wanita
  2. Usia 18-23 tahun
  3. Belum menikah
  4. Tidak buta warna & tidak hepatitis
  5. Sehat jasmani & rohani
  6. Tinggi badan minimal 158 cm
  7. Pendidikan minimal SMA Sederajat

Cara Pendaftaran FAAST Penerbangan

Cara Pendaftaran FAAST Penerbangan:

  1. Mengisi FORMULIR PENDAFTARAN ONLINE terlebih dahulu di website resmi FAAST Penerbangan
  2. Setelah itu transfer biaya pendaftaran sebesar Rp 250.000 ke BBANK BRI 02-470-100-1568-304 an FAAST Penerbangan
  3. Setelah melakukan pembayaran, segera melakukan konfirmasi ke panitia pendaftaran FAAST Pendaftaran via kontak WA 0822 2000 7377 Kak DESTA
  4. Kamu akan mendapatkan Username & Password untuk login ke website resmi FAAST untuk melakukan tes online
  5. Tes interview akan dilakukan melalui telepon
  6. Hasil tes kelulusan diumumkan melalui email
  7. Apabila dinyatakan lolos, selanjutnya adalah melakukan daftar ulang dan melengkapi berkas pendaftaran. Daftar ulang dikoordinasikan dengan panitia FAAST Penerbangan melalui kontak WA 0822 2000 7377 Kak DESTA

Apabila mengalami kesulitan waktu melakukan pendaftaran, langsung saja hubungi nomor kontak panitia penerimaan peserta didik baru 0822 2000 7737 (WA) Kak DESTA.

Baca Juga:

  1. Apakah Pramugari Harus Cantik Putih? Jangan Minder!
  2. Gaji Pramugari Lion Air Ternyata WOW! Kamu Wajib Tahu!

 

Respond For " Bolehkah Pramugari Menikah, Masa Kontrak Kerja Pramugari "

error: Content is protected !!
WhatsApp chat

 

SEGERA GABUNG BERSAMA KAMI DAN RAIH SUKSESMU UNTUK MENJADI PRAMUGARI PRAMUGARA & STAFF AIRLINES

 

Formulir Pendaftaran Klik Disini

Jika membutuhkan bantuan, klik Bantuan untuk menghubungi kami melalui Whatsapp

 

FAAST Penerbangan

"Where Success Begins..."