Cara Mengatasi Jet Lag Ala Pramugari Dengan Benar

Cara Mengatasi Jet Lag Ala Pramugari Dengan Benar

Tips Mengatasi Jet Lag

Cara Mengatasi Jet Lag Ala Pramugari Dengan Benar
Cara Mengatasi Jet Lag Ala Pramugari Dengan Benar

Setiap melakukan perjalanan yang jauh entah itu menggunakan alat transportasi jenis apapun pasti akan timbul yang namanya rasa bosan. Namun dengan beberapa persiapan diharapkan dapat menghilangkan rasa bosan yang ada saat dalam perjalanan. Misalnya saja dengan transportasi darat seperti bus atau mobil terkadang ada orang yang mabuk. Di transportasi udara mungkin sebagian orang belum mengetahui yang namanya Jet Lag.Kali ini admin akan membahas Cara Mengatasi Jet Lag Ala Pramugari Dengan Benar.

Jet Lag ini adalah efek yang kurang nyaman pada tubuh. Oleh karena itu admin sengaja membahas artikel ini sebagai tips mengatasi  jet lag. Sebelum kita membahas pengertian Jet Lag, ternyata bukan hanya penumpang pesawat saja yang bisa mengalami Jet Lag ini. Kru pesawat pun juga bisa mengalami Jet Lag. Sebagai contoh seorang pramugari yang selama penerbangan yang lama karena jarak yang jauh serta melintasi zona waktu yang berbeda. Nah karena itulah Jet Lag bisa timbul pada seseorang, termasuk pramugari. Tapi ternyata pramugari memiliki cara untuk mengatasi Jet Lag, Cara Mengatasi Jet Lag Ala Pramugari Dengan Benar.

Pengertian Jet Lag

Jet Lag ini sebenarnya juga salah satu judul lagunya band luar negeri yang bernama Simple Plan, lagunya keren gaes, hehe. Lalu apa pengertian Jet Lag? Jet Lag adalah perubahan waktu tidur sementara yang terjadi setelah menjalani penerbangan yang cukup panjang karena melintasi zona waktu yang berbeda. Efek dari Jet Lag ini pada umumnya gangguan pola tidur, rasa mengantuk, merasa kebingungan dan rasa kelelahan.

Nah setelah mengerti apa itu Jet Lag, apakah kalian ada yang pernah mengalami Jet Lag? Jika pernah mengalaminya, pasti rasa yang ditimbulkan sangat tidak enak bukan? Lalu apakah setelah merasakan seperti apa Jet Lag, adakah rasa trauma untuk melakukan penerbangan yang jauh lagi. Mungkin beberapa orang merasa kapok, namun sebenarnya tidak perlu takut atau kapok. Karena kalian sudah menemukan artikel yang tepat untuk mengatasi Jet Lag. Makanya terus simak Cara Mengatasi Jet Lag Ala Pramugari Dengan Benar.

Penyebab Jet Lag

Jet Lag ini bisa terjadi ketika seseorang melintasi zona waktu yang berbeda hingga 3 jam atau 3 zona waktu yang berbeda. Lalu apa saja penyebab Jet Lag?

1.Jam internal

Jam internal ini adalah jam biologis yang mengatur siklus tubuh dalam 24 jam. Ada beberapa kelompok sel yang ada di jam internal yang mana itu semua saling berinteraksi. Kelompok sel ini semua dijalankan oleh otak. Dan otak ini memiliki peranan mensinkronkan semua bagian jam internal pada tubuh manusia, maka jetlag bisa terjadi apabila jam internal seseorang itu terganggu.

Sebab perjalanan yang jauh dan melintasi beberapa zona waktu maka akan membuat tubuh menyusun kembali yang namanya ritme sirkadian. Ritme sirkadian yaitu proses biologis yang menunjukkan osilisasi endogen dan terjadi perulangan setiap 24 jam.

2.Faktor Resiko

Terjadinya jetlag bisa juga terjadi karena adanya faktor resiko. Adapun resiko yang bisa terjadi  bahkan mungkin bisa memperparah jetlag yaitu :

  • Kurang Tidur
  • Banyak Zona Waktu yang Dilintasi
  • Stress Berlebihan
  • Dehidrasi/ Kurang Cairan Dalam Tubuh
  • Faktor Usia Seseorang
  • Terlalu Banyak Minum Kopi Ketika Penerbangan

3.Arah Penerbangan

Terjadinya jetlag ini bisa juga dkarenakan faktor arah perjalanan/ penerbangan yang menjadi tujuan seseorang. Menurut sumber terpercaya jika anda bepergian menuju ke arah barat maka rasa Jetlag yang timbul terasa lebih ringan dibandingkan dengan penerbangan ke arah sebaliknya/ timur. Jetlag ini tentunya bisa diatasi dengan beberapa cara, apa saja?Cara Mengatasi Jet Lag Ala Pramugari Dengan Benar.

Cara Mengatasi Jet Lag Ala Pramugari

Jet Lag dapat menjadi suatu hal yang buruk  bahkan bisa merusak agenda liburan yang awalnya terlihat indah bagi seseorang. Kru pesawat seperti pilot, pramugari maupun engineering hampir setiap hari melakukan perjalanan yang dapat melintasi zona waktu berbeda. Sehingga resiko jetlag dapat menyerang mereka kapan saja. Namun ternyata pramugari memiliki tips untuk mengatasi Jet Lag, apakah anda ingin tahu Cara Mengatasi Jet Lag Ala Pramugari Dengan Benar?

Ada beberapa tips mengatasi jetlag dari pramugari ke beberapa negara, namun untuk bisa menyembuhkan jetlag yaitu dengan mengatahui kondisi tubuh masing-masing orang terlebih dahulu. Di sisi lain ada faktor eksternal yang dapat membantu anda lebih cepat untuk sembuh dari kondisi jetlag.

1.Minum Air Putih yang Lebih Banyak

Suatu penerbangan bisa menjadi salah satu penyebab tubuh terkena yang namanya dehidrasi. Ketika anda sedang dehidrasi maka tubuh akan terasa lemah, sakit kepala hingga rasa lelah ketika dalam perjalanan. Minuman seperti kopi mengandiung kafein bisa membuat tubuh semakin kering sehingga jetlag menjadi lebih buruk. Untuk orang yang melakukan perjalanan jauh sangat disarankan untuk tidak mengonsumsi kopi diatas jam 3 sore. Lebih baik mium air putih yang lebih banyak dari biasanya.

2.Prioritaskan Tidur Ketika Sampai Tujuan/ Rumah

Perjalanan yang jauh dan lama tentu akan membuat tubuh merasa lelah. Usahakan untuk berdamai dengan diri sendiri dengan cara tidur sebentar sebagai penyembuh rasa lelah. Lakukan saja tidur singkat yang tidak lebih dari 2 jam jika itu waktu siang. Dengan begitu untuk anda yang melakukan perjalanan jauh untuk tujuan pekerjaan pasti bisa merasa lebih baik dan fresh.

3.Mengambil Jadwal Penerbangan yang Tepat

Beberapa orang bisa tidur ketika berada di pesawat bahkan tidurnya nyenyak, tapi jelas tidak semua orang bisa melakukannya. Cara terbaik untuk bisa tidur ketika dalam penerbangan yaitu dengan memilih jadal penerbangan ketika malam hari. Dengan begitu tubuh tetap bisa tidur seperti siklus biasanya.

4.Efek Sinar Matahari

Mungkin tidak banyak orang mengetahui bahwa sinar matahari adalah pengatur waktu yang begitu efektif untuk menyesuaikan diri dengan zona waktu yang berbeda. Ketika akan tidur, tubuh akan tetap mempertahankan kebiasaan di malam hari. Usahakan kamar anda gelap saat hendak tidur. Untuk tidur yang lebih maksimal siapkan saja masker mata dan telinga supaya membantu tidur menjadi lebih nyenyak. Dan biarkan saja matahari yang akan membangunkan anda.

5.Makan yang Cukup

Sebagian orang yang melakukan penerbangan ke Eropa atau ke tempat jauh lainnya sering terbangun tengah malam karena alasan kelaparan. Ketika itu juga tubuh sedang berkomunikasi bahwa saat itu juga adalah waktu untuk makan. Supaya hal ini tidak terjadi, usahakan makan yang cukup sebelum melakukan penerbangan.

Itulah tadi Cara Mengatasi Jet Lag Ala Pramugari Dengan Benar. Mungkin cara ini perlu dicoba buat anda yang sering melakukan penerbangan menggunakan pesawat terbang dan itu perjalanan yang jauh. Dan buat anda yang ingin bekerja di bidang penerbangan atau aviasi maka FAAST Penerbangan adalah tempat mempersiapkan diri yang tepat karena FAAST Penerbangan adalah sekolah penerbangan yang paling banyak diminati dan sudah terbukti kwalitasnya.

Cara Mengatasi Jet Lag Ala Pramugari Dengan Benar
Cara Mengatasi Jet Lag Ala Pramugari Dengan Benar

Buat anda yang ingin masuk sekolah pramugari terbaik maka dapat mencari informasinya melalui Kak DESTA 0822-2000-7377 (WA/ Telp)

Baca Juga : Fasilitas & Keuntungan Menjadi Pramugari Maskapai Penerbangan

Baca Juga : Mau Tahu Enaknya Setelah Lolos Tes Pramugari?

 

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *