Ini Pengertian ICAO dan IATA Dalam Dunia Penerbangan

Apa Saja Jenis-Jenis Profesi Di Bandara Yang Perlu Kamu Tahu

Apa Itu ICAO dan IATA Menurut Ilmu Penerbangan

Ini Pengertian ICAO dan IATA Dalam Dunia Penerbangan
Ini Pengertian ICAO dan IATA Dalam Dunia Penerbangan

Pengertian ICAO dan IATA Dalam Dunia Penerbangan – Industri penerbangan adalah dunia pekerjaan yang memiliki resiko yang begitu tinggi. Sehingga tidak ada tawar menawar dalam hal keamanan dan keselamatan. Oleh karena itu, sebagai usaha meningkatkan standar keamanan dan keselamatan suatu penerbangan dibentuklah organisasi yang bisa mengatur hal seperti itu. Jadi dalam penerbangan, kondisi pesawat harus benar-benar layak terbang dan telah diperiksa sebaik mungkin oleh teknisi pesawat. Karena jelas akan menjadi hal yang sangat buruk jika menerbangkan pesawat tanpa kepastian kondisi dari pesawat yang akan diterbangkan.

Bukan hanya soal kelayakan pesawat, namun kualifikasi mengenai keterampilan dari seorang awak kabin, AVSEC bandara, ATC serta profesi lainnya di bidang penerbangan harus memenuhi standar yang telah ditentukan. Karena standar keamanan di bidang penerbangan bersifat global dan seluruh negara anggota organisasi ICAO harus mematuhi peraturan yang dibuat oleh ICAO. Nah selain ICAO ternyata ada organisasi lainnya yang bernama IATA. lalu apa sih pengertian dan fungsi dari kedua organisasi tersebut? Berikut ini adalah Pengertian ICAO dan IATA Dalam Dunia Penerbangan.

Pengertian ICAO dan IATA Dalam Dunia Penerbangan

Membahas mengenai dunia penerbangan jelas saja tidak dapat dipisahkan dengan organisasi yang disebut IATA dan ICAO. Karena organisasi tersebut berkaitan dengan peraturan yang ada pada dunia transportasi udara. Untuk anda yang masih belum mengetahui wawasan dunia penerbangan yang luas, mungkin belum pernah mendengar kedua organisasi tersebut. Karena dalam bangku pendidikan formal seperti SD, SMP serta SMA pasti tidak mempelajari tentang kedua organisasi tadi. Namun jika anda hendak berkarir di dunia penerbangan maka anda harus mengetahui mengenai kedua organisasi ICAO dan IATA ini.

Agar lebih jauh mengetahui apa itu ICAO dan IATA, maka silahkan untuk simak penjelasan Pengertian ICAO dan IATA Dalam Dunia Penerbangan yang ada dibawah ini.

1.Pengertian ICAO/ International Civil Aviation Organization

ICAO adalah singkatan dari International Civil Aviation Organization yang termasuk badan organisasi Internasional yang dibentuk oleh PBB. Organisasi ini menangani penerbangan sipil danmengatur bidang teknis operasional dunia penerbangan. Pada tahun 1944, ICAO ini didirikan oleh PBB di konvensi Chicago. Berisi anggota dari beberapa negara  di dunia dan bukan dari maskapai penerbangan.

Annex adalah suatu peraturan-peraturan yang dimiliki oleh organisasi ICAO. Hal yang diatur di dalamnya antara lain adalah perihal keamanan penerbangan yang ada di Annex 17 security – Safeguarding International Civil Aviation Against Acts of Unlawful Interference.

Dengan begitu, semua negara yang termasukanggota ICAO wajib patuh dengan peraturan yang sudah disepakati antar anggota ICAO. Terbentuknya ICAO ini mempunyai suatu tujuan untuk membuat peraturan khusus pada teknis operasional penerbangan antara lain sebagai berikut :

  • Air Traffic Control/ ATC : Syarat-syarat mengenai kelaikan pesawat terbang dan keselamatan penerbangan (Flight Safety)
  • Standar keterampilan internasional Pilot, awak pesawat, teknisi pensawat, landasan pacu/ runway, lapangan terbang ATC dan lain-lainnya.
  • Suatu peraturan penerbangan yang dikenal dengan ICAO ANNEX(ES) yang berjumlah 18 Annex.

Dengan adanya beberapa peraturan yang dibuat oleh ICAO membuat kualifikasi petugas keamanannya berbeda dengan petugas keamanan yang lainnya. Maksudnya kualifikasi petugas keamanan penerbangan berbeda dengan kualifikasi petugas keamanan yang bertugas di industri lain seperti satpam di Mall, Rumah sakit atau Bank. Personil keamanan penerbangan juga harus mempunyai keterampilan, kompetensi yang berupa aviation knowledge.

2.Pengertian IATA/ International Air Transport Association

IATA adalah suatu singkatan dari International Air Transport Association adalah suatu organisasi Internasional yang juga dibentuk oleh PBB. Organisasi ini lebih mengarah untuk membahas tentang penerbangan sipil/ angkutan komersial. Berbanding terbalik dengan ICAO, anggota IATA adalah maskapai penerbangan di seluruh dunia.

Organisasi IATA ini lebih fokus untuk membahas aktifitas operasional penerbangan dan terlibat pada  kebijakan industri  penerbangan semisal harga tiket pesawat, syarat pengangkutan barang, penumpang dan peraturan lainnya. IATA juga berperan ikut menyelesaikan jika terjadi masalah pada bisnis penerbangan komersial.

IATA dibentuk setelah organisasi ICAO, dibentuk di Havana pada April 1945. Organisasi IATA adalah penerus Asosiasi Lalu Lintas Udara Internasional (International Air Traffic Association) yang sebelumnya sudah berdiri di kota Den Haag. Tujuan didirikannya IATA adalah untuk membantu seluruh maskapai pnerbangan di dunia penerbangan dunia untuk bersaing lebih sehat. Misalnya saja keseragaman harga tiket pesawat terbang.

Jika anda pernah naik pesawat terbang, jika diamati lagi maka di tiket pesawat akan ada kode IATA. Semua profesi di dunia penerbangan harus mengerti kode bandara yang diberikan oleh organisasi IATA, tak terkecuali untuk para pramugari. Setelah mengetahui Pengertian ICAO dan IATA Dalam Dunia Penerbangan, lalu apakah ada perbedaan dari keduanya?

Perbedaan ICAO dan IATA

1.Kode ICAO ada 4 Digit, namun Kode IATA berjumlah 3 Digit

2.Kode ICAO dipakai oleh ATC (Air Traffic Control), stasiun cuaca dan maskapai penerbangan. Sementara kode IATA dipakai untuk pemesanan tiket, tarif, interline, pengiriman kargo dan bagasi oleh maskapai penerbangan.

3.Sistem penamaanantara ICAO dan IATA

  • Kode ICAO satu digit pertama untuk mengidentifikasian benua. Digit kedua untuk mengidentifikasikan suatu negara, dan digit terakhir atau ketiga sebagai kode bandara.
  • Sebagai contonhnya bandara PEKING di China. Kode ICAO-nya adalah ZBAA jika diuraikan Z untuk China dan BAA untuk bandara Peking. Untuk kode IATA-nya Adalah PEK.

4.IATA memberikan kode bukan hanya berdasarkan lokasi atau kota semisal Frankfurt (FRA), nama negara seperti Singapore (SIN) atau nama bandara misalnya John F. Kennydey (JFK) untuk New York.

Semua Kode Tujuan Penerbangan Yang Dijumpai Penumpang di Papan Pengumuman di Bandara, Tiket Ataupun Boarding Pass. Ditandai Dengan Kode IATA.

Pramugari harus tahu dengan kode bandara yang diberikan oleh IATA. Minimal mengetahui sistem penamaan yang diberikan oleh ICAO seperti CGK (kode IATA) berasal dari Cengkareng dan WIII (WI, WA, WQ, WR) dua digit pertama berarti kode yang diberikan oleh ICAO untuk wilayah Indonesia. Dan 2 digit terakhir untuk bandara Soekarno Hatta.

Pengetahuan akan kode IATA dan ICAO akan sangat membantu ketika anda mengikuti tes seleksi pramugari. Karena ketika tes seleksi pramugari jelas akan ada pertanyaan seputar pengetahuan penerbangan. Salah satunya yang berhubungan dengan kode IATA dan ICAO ini. Jika anda ingin mempelajari lebih jauh mengenai kode yang ada dari ICAO dan IATA maka anda bisa mengetahuinya lebih lanjut dengan masuk ke sekolah pramugari. Selain itu, anda akan mendapatkan pelatihan ilmu penerbangan yang lebih intensif. Dengan begitu, setelah lulus nanti anda akan lebih siap mengikuti tes pramugari.

Informasi Sekolah Pramugari Terbaik Indonesia

Kisah Berliku Wanita yang Menggapai Mimpi Jadi Pramugari
Kisah Berliku Wanita yang Menggapai Mimpi Jadi Pramugari

Saat ini FAAST Penerbangan sudah membuka pendaftaran peserta didik baru, segera daftarkan diri anda sebelum kuota penuh. Karena setiap gelombangnya, FAAST PENERBANGAN hanya menerima sebanyak 150 peserta didik setiap cabang kampusnya.

Cara pendaftaran di sekolah pramugari FAAST Penerbangan sangat mudah, caranya dengan mengisi FORMULIR PENDAFTARAN pendaftaran online ini. Dan di halaman formulir akan ada langkah pendaftaran yang akan memudahkan anda dalam proses pendaftaran. Jika anda mengalami kesulitan, sebaiknya lakukan konsultasi dengan panitia FAAST ke kontak Kak DESTA 0822-2000-7377 (WA/ Telp).

Demikian pembahasan tentang Pengertian ICAO dan IATA Dalam Dunia Penerbangan, semoga bisa bermanfaat. Terimakasih

Baca Juga : Mengintip Besar Gaji Pramugari Lion Air Perbulan Tahun 2019

Baca Juga : Cara Lolos Tes Tertulis Masuk Sekolah Pramugari 

 

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *