Kenapa Pramugari Harus Tinggi? Dan Berapakah Berat Badan Idealnya?

Syarat Tinggi Badan Masuk Pramugari Maskapai Indonesia 2020

Berapa Tinggi Minimal Jadi Pramugari

Kenapa Pramugari Harus Tinggi? Dan Berapakah Berat Badan Idealnya?
Kenapa Pramugari Harus Tinggi? Dan Berapakah Berat Badan Idealnya?

Kenapa Pramugari Harus Tinggi – Saat ini pramugari masuk dalam salah satu profesi yang paling bergengsi dan berkelas. Karena itulah mengapa banyak wanita yang sangat tertarik untuk menjadi cabin crew pesawat terbang ini. Dibalik pekerjaan yang banyak diidamkan pasti akan muncul beberapa pertanyaan. Misalnya seperti persyaratan dan termasuk berapa tinggi minimal, berat badan ideal pramugari dll.

Hal tersebut pasti sangat ingin diketahui oleh wanita yang ingin menjadi pramugari. Oleh sebab itu admin akan mengajak kalian untuk mengetahui jawabannya bersama. Simak terus ya Kenapa Pramugari Harus Tinggi? Dan Berapakah Berat Badan Idealnya?

Apakah Menjadi Pramugari Harus Tinggi ?

Walau sebenarnya banyak syarat yang harus dipenuhi untuk bisa menjadi pramugari, tapi ada satu persyaratan yang penting untuk dipenuhi. Apa itu? Jawabannya adalah tinggi badan. Setiap maskapai memiliki standar kriteria untuk calon pramugarinya, namun pada umumnya tinggi minimal pramugari adalah 158 cm dan maksimal 172 cm. Hal ini diberlakukan demi keselamatan banyak orang di pesawat dan supaya menunjang prosedur keselamatan yang berlaku.

Di dalam pesawat ada yang namanya bagasi kompartemen yang berada di atas tempat duduk pesawat. Fungsi dari bagasi kompartemen tersebut adalah untuk menaruh barang bawaan para penumpang dan bagi kalian yang pernah naik pesawat pasti mengetahuinya. Setiap pramugari harus memastikan bahwa bagasi tadi telah tertutup sempurna sebelum penerbangan dilakukan.

Sebagai pramugari harus menutup dengan cara mendorong hingga terkunci rapat dan aman saat penerbangan berlangsung. Hal itu tentu akan sulit dilakukan mereka yang memiliki tinggi badan dibawah ketentuan minimal pramugari. Terlebih lagi bagasi akan terasa berat untuk ditutup jika didalamnya terdapat barang bawaan.

Karena itulah mengapa semua maskapai penerbangan menerapkan syarat khusus mengenai tinggi badan calon pramugarinya. Pekerjaan pramugari yang memiliki resiko tinggi membuat maskapai memberikan persyaratan yang ketat agar bisa menjalankan tugas dengan baik termasuk proses evakuasi jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Peralatan keselamatan seperti botol oksigen, pemadam kebakaran, peralatan medis serta peralatan untuk keselamatan lainnya biasanya ditaruh ditempat yang cukup tinggi untuk dijangkau.

Perbedaan beberapa detik saja bisa mempengaruhi antara hidup dan mati, karena itulah maskapai penerbangan memberikan syarat yang ketat untuk menunjang keamanan dan keselamatan penerbangan. Jika terjadi keadaan darurat dan membutuhkan alat keselamatan,maka pramugari harus bisa mengambilnya dengan cepat.

Sebagai kesimpulan, apakah jadi pramugari harus tinggi? Jawabannya adalah iya karena pramugari harus membantu penumpang menaruh barang di bagasi kompartemen. Namun tinggi tersebut ada batasnya, karena jika terlalu tinggi maka akan mengganggu mobilitas orang itu sendiri.

Cara Menghitung Berat Ideal Pramugari

Kenapa Pramugari Harus Tinggi? Dan Berapakah Berat Badan Idealnya?
Kenapa Pramugari Harus Tinggi? Dan Berapakah Berat Badan Idealnya?

Rumus menghitung berat badan ideal dengan cara ini cukup mudah, anda bisa menerapkan rumus dibawah ini :

BBI = BB : (TB x TB)

Keterangan :

BBI = Berat Badan Ideal

TB = Tinggi Badan (m)

BB = Berat Badan (kg)

Misalnya anda mempunyai tinggi badan 1,65 m dan berat badan 65 kg, maka cara menghitung berat badan ideal adalah menggunakan rumus tadi.

BBI = BB : (TB x TB)

BBI = 65 : (1,65 x 1,65) = 23,8

Setelah menemukan hasilnya, maka langkah berikutnya dengan melihat angka dibawah ini.

  • <17 = Kekurangan Berat Badan tingkat berat
  • 17 = Anda kekurangan Berat Badan tingkat ringan
  • 18,4 – 21 = Angka Normal
  • 21,1 – 27 = Kelebihan BB tingkat ringan
  • 27,1 – 30 = Anda memiliki kelebihan berat badan tingkat sedang
  • >30 = Anda memiliki kelebihan berat badan tingkat berat atau Obesitas

Dengan hasil perhitungan tadi, ternyata anda masuk dalam kelompok Kelebihan BB tingkat ringan / 23,8.

Supaya lebih jelasnya, lihat tabel dibawah ini.

  • Biru > Kurang Berat
  • Hijau > Sehat/ Normal
  • Kuning > Kelebihan Berat Badan
  • Oranye > Obesitas
  • Merah > Obesitas berlebihan

Cara menghitung berat badan dengan menggunakan rumus Brosca

Cara menghitung berat badan memakai rumus Brosca ini ditemukan oleh Pierre Paul Brosca. Rumus brosca dibagi menjadi dua, untuk perempuan dan laki-laki.

  1. Laki-laki : Berat badan ideal (kg) = {tinggi badan (cm) – 100} – {[tinggi badan (cm) – 100] x 10%}
  2. Perempuan : Berat badan ideal (kg) = {tinggi badan (cm) – 100} – {[tinggi badan (cm) – 100] x 15%}

Contoh jika Anda laki-laki dengan tinggi badan 172 maka berat badan ideal anda adalah (172-100) – {(172-100) x 10%} = 72 – 7.2 = 64.8

Mungkin kita hanya menghitung berat badan ideal dengan cara tinggi badan – 110. Bagi Anda, hasil pengurangan itu adalah berat badan normal, tapi itu bukanlah yang ideal.

Berikut ini adalah beberapa acuan berat badan ideal :

  • Jika berat badan anda kurang dari 20% hasil rumus maka anda termasuk underweight (kurang berat badan)
  • Apabila melebihi 25% – 30% maka itu termasuk kelebihan berat badan (overweight)
  • Jika melebihi 30% – 40% anda termasuk terlalu gemuk atau obesitas
  • Obesitas berbahaya jika berat badan anda melebihi 40% dari hasil Rumus Menghitung Berat Badan Ideal Pramugari

Selain menggunakan cara diatas ada juga cara yang lebih mudah, yaitu dengan rumus Tinggi Badan (cm) – 110. Sebagai contoh, tinggi anda 160 cm – 110 = 50 kg. Nah angka 50 kg tersebut adalah nilai berat badan ideal anda, namun perlu diingatrumus ini tidak mutlak 100% benar. Ada toleransi kurang atau lebih antara 10-20% dari hasil perhitungan berat badan ideal.

Cara Menambah Tinggi Badan

Banyak wanita yang gagal menjadi pramugari bukan karena gagal saat mengikuti tes. Tapi karena mereka tidak memenuhi persyaratan tinggi minimal menjadi pramugari. Tapi jika kamu belum menginjak usia 20 tahun maka tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa tips menmabah tinggi badan dibawah ini :

  1. Mengonsumsi makanan bernutrisi dan berkalsium tinggi
  2. Perenggangan otot atau stretching yang biasanya dilakukan sebelum olahraga
  3. Rajin minum susu yang mengandung kalsium tinggi yang berfungsi untuk pertumbuhan tulang
  4. Lompat-lompat, bisa dilakukan dengan skipping. Selain membantu menambah tinggi badan, skipping juga bisa mengencangkan perut.
  5. Yoga
  6. Istirahat yang cukup
  7. Berenang, berenang telah lama diyakini dapat menambah tinggi badan.

Setelah memiliki tinggi badan yang memenuhi persyaratan, bagaimana cara menjadi pramugari? Salah satu caranya adalah mempersiapkan diri dengan masuk sekolah pramugari.

Informasi Sekolah Pramugari Terbaik Indonesia

Kenapa Pramugari Harus Tinggi? Dan Berapakah Berat Badan Idealnya?
Kenapa Pramugari Harus Tinggi? Dan Berapakah Berat Badan Idealnya?

FAAST Penerbangan siap menjawab tantangan pertumbuhan dan perkembangan transportasi udara yang semakin tahun semakin berkembang

FAAST Penerbangan memiliki metode pelatihan singkat, profesional dengan biaya pendidikan terjangkau. Tempat pendidikan yang nyaman didukung dengan pelayanan yang ramah & profesional adalah kunci keberhasilan dalam menyiapkan SDM dunia penerbangan yang siap bersaing di dunia kerja

FAAST Penerbangan selain memberikan pendidikan & pelatihan, juga berusaha membantu peserta pendidikan untuk bisa bekerja didunia penerbangan melalui pembekalan ilmu sesuai kebutuhan maskapai penerbangan serta bahasa inggris yang komunikatif dan interaktif. FAAST Penerbangan juga memberikan pembentukan mental dan kepribadian sehingga menciptakan SDM yang berkualitas dan berkarakter. Tidak hanya itu, FAAST Penerbangan juga memiliki instruktur yang berkualitas dan berpengalaman.

Cara pendaftaran di sekolah pramugari FAAST Penerbangan sangat mudah, caranya dengan mengisi FORMULIR PENDAFTARAN pendaftaran online ini. Dan di halaman formulir akan ada langkah pendaftaran yang akan memudahkan kamu dalam proses pendaftaran. Jika mengalami kesulitan, segera konsultasikan dengan panitia FAAST ke kontak Kak DESTA 0822-2000-7377 (Whatsapp).

Mungkin seperti itu dulu informasi dari admin mengenai Kenapa Pramugari Harus Tinggi? Dan Berapakah Berat Badan Idealnya?

Untuk update informasi mengenai dunia penerbangan, jangan lupa untuk terus simak blog ini ya guys! Jika menurut kalian pembahasan disini banyak memberikan manfaat, maka silahkan share artikel ini kepada orang lain yaa. GRATISS!

Untuk pertanyaan mengenai pendaftaran jangan ragu menghubungi admin melalui Kak DESTA 0822-2000-7377 (Whatsapp). Terimakasih

Baca juga : Kisah Berliku Wanita yang Menggapai Mimpi Jadi Pramugari

Baca juga : Pengalaman Mengikuti Recruitmen Pramugari Qatar Airways

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *