Kisaran Gaji Petugas AVSEC Bandara Terbaru & 15 Syarat Kriterianya

Petugas AVSEC Itu Termasuk PNS atau Bukan? Ini Penjelasannya

Informasi Gaji Personil AVSEC Bandara

Kisaran Gaji Petugas AVSEC Bandara Terbaru & 15 Syarat Kriterianya
Kisaran Gaji Petugas AVSEC Bandara Terbaru & 15 Syarat Kriterianya

Gaji Petugas AVSEC Bandara – Apa sih petugas Avsec itu? Mungkin kebanyakan orang masih tidak tahu apa itu petugas Avsec. Pertama, masih banyak penduduk Indonesia yang belum pernah naik pesawat terbang, kedua karena orang tersebut memang tidak mengetahui nama petugas ini meskipun sering naik pesawat. Nah kali ini buat kalian yang belum mengetahui tentang petugas keamanan bandara ini, maka kalian menemukan artikel yang sangat tepat guys!

AVSEC adalah sebuah kependekan dari kata Aviation Security atau yang berarti dengan keamanan penerbangan. Dan jelas saja suatu penerbangan pesawat pasti dilakukan di bandara. Entah itu penerbangan dari bandara komersial yang ataupun bandara militer/ pangkalan udara. Nah demi menjaga keamanan & kelancaran suatu penerbangan, maka dibutuhkan petugas AVSEC ini guys! Sebagai petugas keamanan bandara, kira-kira berapa ya gaji petugas keamanan bandara ini? simak terus Kisaran Gaji Petugas AVSEC Bandara Terbaru & 12 Syarat Kriterianya.

Sejarah Terbentuknya AVSEC Bandara

Ternyata AVSEC mempunyai sejarah lho guys, untuk mengetahui mengapa AVSEC terbentuk, maka penjelasannya ada dibawah ini ya :

Sejarah terbentuknya AVSEC – Aviation Security dikenal pada kala itu abad ke-20 yang mana terjadi pembajakan pesawat di negara Peru di tahun 1931. Tindakan ini merupakan perbuatan melawan hukum/ kejahatan yang terjadi pada suatu penerbangan pertama kali terjadi pada penerbangan sipil. Namun tindakan melawan hukum tersebut terjadi lagi berulang-ulang dan terjadi lagi pada penerbangan sipil.

Maka dari itulah digagas untuk diadakannya petugas untuk menjaga dan meningkatkan keamanan serta kenyamanan bandara.

Setelah hal itu, AVSEC di Indonesia diberikan tugas utama untuk menjaga  keamanan dan keselamatan penerbangan sipil. Menjaga keamanan penerbangan yang berarti juga menjaga dari tindakan kejahatan/ melawan hukum, memberikan perlindungan keamanan terhadap awak pesawat, pesawat udara, penumpang, pengguna jasa penerbangan, sarana & prasarana penerbangan.

Pengertian AVSEC Bandara

Pengertian AVSEC adalah personil yang memiliki tugas untuk menjaga keamanan penerbangan seperti penumpang, awak kabin dan segala sesuatu yang ada di bandara. Seorang AVSEC wajib mematuhi prosedur regulasi Internasional yang bernama ICAO (International Civil Aviation Organitation).

ICAO merupakan regulasi internasional yang dibawahi langsung oleh PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa). Untuk bisa menjadi petugas AVSEC, seseorang harus memiliki surat izin yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, surat tersebut bernama STKP (Surat Tanda Kecakapan Personil).

Di dalam surat tersebut diterangkan mengenai kewenangan Petugas Keamanan Penerbangan (AVSEC). Apabila telah memiliki lisensi tersebut, maka sudah dinyatakan mempunyai kewenangan untuk melaksanakan tugas pengamanan penerbangan.

Tentu bukan hal mudah untuk bisa mendapatkan lisensi AVSEC, langkah awalnya adalah dengan mengikuti program pendidikan AVSEC dengan catatan sekolah tersebut telah mendapatkan izin dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara. Bicara tentang STKP, apa sih pengertian STKP?

Apa Itu STKP

STKP (Surat Tanda Kecakapan Personil) yaitu bukti/ surat tanda kecakapan seseorang tentang keamanan dan keselamatan dan surat tersebut dikeluarkan oleh Direktorat Jendral Perhubungan Udara. Surat tersebut harus dimiliki oleh semua calon keamanan bandara atau Aviation Security / AVSEC.

Untuk bisa memiliki STKP, seseorang harus melewati tahap tes yang cukup ketat. Tes tersebut meliputi tes pengetahuan penerbangan, tes kesehatan, tes wawancara, tes fisik dan tes lainnya. STKP penting bagi persyaratan utuk menjadi seorang AVSEC, dengan memegang surat tersebut seseorang dianggap layak untuk menjadi petugas keamanan bandara.

Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Udara ada di Nomor : SKEP/2765/XII/2010 Bab I butir 9. AVSEC Aviation Security yang ada di Indonesia adalah unit kerja yang dibentuk oleh PT. Angkasa Pura untuk memenuhi kebijakan/ aturan internasional dan nasional sebagai pengelola dan penyedia jasa keamanan penerbangan bandara.

Syarat Kriteria AVSEC Angkasa Pura

Berikut ini adalah persyaratan menjadi AVSEC Angkasa Pura :

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Pendidikan minimal SMA/ SMK sederajat
  3. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris secara aktif
  4. Sehat jasmani & rohani, tidak mempunyai riwayat penyakit menular yang dinyatakan dengan surat keterangan Sehat yang dikeluarkan oleh Dokter/ Rumah Sakit
  5. Tidak berkacamata/contact lens
  6. Memiliki Postur tubuh tegap
  7. Tidak menggunakan narkoba & Tidak buta warna
  8. Tidak bertato dan tidak ditindik
  9. Belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama masih berstatus Calon Pegawai
  10. Berkelakuan Baik (dinyatakan dalam Surat Keterangan Catatan Kepolisian)
  11. Tidak pernah dipenjara atau kurungan berdasarkan keputusan dari pengadilan yang sudah memiliki kekuatan hukum tetap
  12. Tidak pernah diberhentikan/ dipecat dengan tidak hormat sebagai pegawai suatu instansi
  13. Mau ditempatkan di seluruh wilayah kerja PT Angkasa Pura 1 & PT Angkasa Pura 2 serta melaksanakan tugas secara bergilir (shift)
  14. Tubuh proporsional (Tinggi Badan minimal Pria = 170 cm, Tinggi Badan minimal Wanita= 160 cm)
  15. Memiliki STKP/ Lisensi basic Avsec

Perbedaan Angkasa Pura 1 dan 2

Angkasa Pura 1

PT Angkasa Pura | (Persero) merupakan BUMN pengelola Bandara di Indonesia bagian Timur antara lain kota Bali, Surabaya, Makassar, Balikpapan, Yogyakarta, Banjarmasin, Lombok, Manado, Semarang, Solo, Kupang,
Ambon dan Biak.

Angkasa Pura 2

PT Angkasa Pura II (Persero), atau yang disebut “Angkasa Pura II” atau “Perusahaan” merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara yang bergerak dalam bidang usaha pelayanan jasa kebandarudaraan dan pelayanan jasa terkait bandar udara di wilayah Indonesia Barat.

Gaji Petugas AVSEC Bandara Terbaru

Untuk gaji personil AVSEC Indonesia termasuk sangat layak, terlebih profesi ini merupakan pekerjaan yang bergengsi dan memiliki banyak peminat. Petugas AVSEC bukanlah profesi sembarangan karena tak setiap orang bisa menjadi seorang petugas AVSEC Bandara.

Mengenai angka gaji AVSEC pastinya ada perbedaan pada setiap daerah dimana tempat petugas tersebut bekerja, karena pengaruh UMR daerah dan berapa lama bekerja. Nah hal tersebut bisa mempengaruhi besar gaji yang dapat diterima setiap bulannya.

Gaji AVSEC bandara yang dibawahi oleh Angkasa Pura , gaji tersebut belum ditambah dengan tunjangan lainnya. Selain gaji pokok, setiap karyawan Angkasa Pura juga akan diberikan beberapa jenis tunjangan yang ada berikut ini :

  1. Uang makan
  2. Jaminan BPJS
  3. Tunjangan uang transportasi/ tunjangan BBM
  4. Insentif produksi
  5. Tunjangan license & rating
  6. Tunjangan kesejahteraan keluarga
  7. Sumbangan uang sewa rumah
  8. Tunjangan perumahan akhir masa tugas
  9. Pakaian seragam dinas & pakaian olahraga
  10. Tunjangan cuti
  11. Tunjangan hari tua dan manfaat pensiun
  12. Sumbangan perkawinan, kelahiran dan kematian

Demikian pembahasan tentang Kisaran Gaji Petugas AVSEC Bandara Terbaru & 15 Syarat Kriterianya, semoga bermanfaat.

Tertarik menjadi AVSEC Angkasa Pura?

 

Baca juga : Nama Sekolah AVSEC Terbaik di Seluruh Indonesia

Baca juga : Petugas AVSEC Itu Termasuk PNS atau Bukan? Ini Penjelasannya

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *