Macam-Macam Profesi Dalam Dunia Penerbangan yang Berkelas

Apa Saja Jenis-Jenis Profesi Di Bandara Yang Perlu Kamu Tahu

Daftar Profesi di Dunia Penerbangan

Macam-Macam Profesi Dalam Dunia Penerbangan yang Berkelas
Macam-Macam Profesi Dalam Dunia Penerbangan yang Berkelas

Macam-Macam Profesi Dalam Dunia Penerbangan – Setiap penerbangan memerlukan persiapan yang cukup banyak dan melibatkan banyak staff yang ada di bandara. Karena menyangkut keamanan dan keselamatan banyak jiwa, maka persiapan matang merupakan suatu hal yang sangat wajib. Namun tahukah kamu, ternyata banyak jenis profesi yang berperan dalam lancarnya suatu penerbangan.

Tentu mungkin kita mengira bahwa cukup dengan Pilot dan Pramugari saja operasi penerbangan bisa berjalan lancar. Dibalik itu, ada beberapa jenis profesi yang ada di bandara yang berperan dalam lancarnya suatu penerbangan. Apakah kamu penasaran apa saja profesi yang dimaksud? Untuk mengetahui jawabannya, maka langsung saja kita bahas bersama Macam-Macam Profesi Dalam Dunia Penerbangan yang Berkelas.

Macam-Macam Profesi Dalam Dunia Penerbangan

Bekerja di dunia penerbangan memang menjadi kebanggaan tersendiri bagi mereka yang telah berhasil meraihnya. Banyak maskapai penerbangan yang menawarkan gaji yang tinggi untuk para staffnya. Karena mereka sadar bahwa tenaga kerja yang berkompeten akan sangat dibutuhkan untuk kelancaran suatu penerbangan.

Apalagi perkembangan industri penerbangan di Indonesia yang sedang berkembang pesat membuat peluang berkarir di bidang penerbangan menjadi terbuka lebar. Banyak anak muda yangbaru lulus dari pendidikan tingkat atas setara SMA/ SMK sederajat yang memiliki minat tinggi terhadap profesi penerbangan. Nah sebagai pengetahuan, kali ini admin akan menjelaskan apa saja profesi yang ada di bandara. Inilah Macam-Macam Profesi Dalam Dunia Penerbangan :

1.Pramugari/ Flight Attendant

Pramugari adalah awak kabin yang memiliki tugas pokok untuk menjaga keamanan dan keselamatan penumpang selama penerbangan. Banyak wanita di dunia termasuk wanita Indonesia yang menginginkan menjadi pramugari. Tapi setiap maskapai penerbangan memiliki syarat tertentu dalam perekrutan pramugarinya.

Karena persyaratan tersebut, tidak semua orang bisa menjadi pramugari. Sebagai pramugari harus memenuhi syarat seperti berpenampilan menarik, pintar, memenuhi kriteria fisik yang ditetapkan maskapai dan mampu berbahasa Inggris.

2.Pilot

Profesi yang satu ini memanglah keren, namun tidak semua orang dapat menjadi Pilot. Pilot adalah orang yang bertugas untuk menerbangkan pesawat dan skill seperti ini jarang dimiliki oleh kebanyakan orang. Untuk bisa menjadi pilot harus melalui pendidikan sekolah penerbangan terlebih dahulu.

Cukup banyak sumber yang menyebutkan bahwa biaya sekolah pilot juga sangat mahal. Setelah lulus dari pendidikan pilot, maka siswa tersebut akan diberikan sertifikasi pilot. Lalu mulailah pilot mengumpulkan jam terbang untuk karir berikutnya, karena menjadi pilot harus memiliki jam terbang yang cukup untuk bisa bekerja di maskapai komersial.

3.Pilot Darat/ Flight Operations Officer(FOO)

Pilot Darat/ FOO adalah seorang yang memiliki tugas menjadi kontrol operasi penerbangan. Antara lain Operation Controller, Flight Dispatcher dan Flight Following. Tugas FOO dimulai saat persiapan sebelum penerbangan misalnya melihat performance pesawat, keseimbangan pesawat dan mendapatkan pembakaran bahan bakar yang paling ekonomis.

Ada lagi seperti menganalisis cuaca di bandara keberangkatan dan kedatangan yang ditentukan oleh standar dari badan berwenang. Tugas lainnya menganalisis Notice to Airman (NOTAM) sebagai pemastian keadaan di bandara di sepanjang rute penerbangan/ en route hingga pesawat sampai di tujuan.

4.Marshaller/ Juru Parkir Pesawat

Marshaller ini adalah seorang yang mengirim komando kepada pilot untuk memarkirkan pesawat saat pesawat mendarat dan masuk pada wilayah landasan parkir/ apron. Tidak mudah untuk menjadi Marshaller, karena dibutuhkan pendidikan khusus Marshaller.

Tes tertulis, tes fisik harus dilewati supaya bisa mendapatkan aircraft marshalling license yang diterbitkan oleh otoritas penerbangan sipil Indonesia. Izin menjadi pemandu parkir pesawat ini juga berlaku selama 2 tahun saja dan wajib diperpanjang ketika masa aktif habis.

5.Teknisi Avionik

Avionics Technicians/ Teknisi Avionik melakukan perbaikan dan perawatan pesawat terbang, helikopter dan pesawat ruang angkasa. Apabila seorang teknisi berfokus pada komponen fisik dari mesin pesawat, untuk teknisi avionik memperbaiki suatu sistem elektronik yang begitu kompleks.

6.Teknisi Pesawat/ Aircraft Maintenance Engineer (AME)

Pekerjaan penerbangan ini bertanggung jawab pada kelayakan terbang suatu pesawat. Profesi ini adalah satu-satunya petugas yang memiliki kewenangan untuk menyatakan suatu pesawat siap terbang atau tidak. Jika terjadi kerusakan atau masalah dalam mesin pesawat, maka itu adalah tanggung jawab seorang AME.

Petugas ini bekerja sesuai dokumen resmi dan selalu mencatat semua hal yang ada di pesawat. Petugas AME mencatat segala sesuatu yang ada di pesawat pada Aircraft Meintenance Log Book. Tidak main-main, seorang pilot harus patuh kepada AME jika pesawat telah dianggap tidak layak terbang.

7.Pemandu Lalu Lintas Udara/ Air Traffic Controller (ATC)

Jika di jalan raya ada polisi lalu lintas, maka di udara juga ada yang bernama ATC. ATC mempunyai kewenangan mengatur lalu lintas dari pesawat supaya pesawat satu dengan pesawat yang lain tidak terlalu dekat yang berpotensi terjadinya tabrakan.

Seorang ATC melihat pergerakan pesawat terbang melalui radar, dan memberikan informasi kepada pilot melalui data keadaan atau komunikasi suara mengenai keadaan lalu lintas udara. Agar bisa menjadi seorang ATC, jelas harus mengikuti pendidikan khusus di lembaga pendidikan yang memiliki lisensi dari kementrian perhubungan.

8.Aviation Security AVSEC/ Keamanan Penerbangan

Aviation Security/ AVSEC yang dalam bahasa Indonesianya berarti Keamanan Penerbangan. AVSEC adalah petugas yang bertanggung jawab atas kenyamanan, keamanan dan keselamatan seluruh pengguna jasa penerbangan. Pengguna jasa penerbangan yang termasuk penumpang, awak kabin dan semua yang ada di bandara. Bukan hanya itu saja, AVSEC juga bertugas menjaga sarana prasarana yang ada di bandara.

Tidak semua orang bisa menjadi Aviation Security, karena dibutuhkan STKP  untuk bisa menjadi personil AVSEC. Karena tidak semua orang bisa menjadi AVSEC, profesi ini menjadi salah satu pekerjaan yang bergengsi di Indonesia. Petugas AVSEC wajib mematuhi proseduryang regulasi Internasional yang dibawahi langsung oleh PBB dan regulasi tersebut bernama ICAO.

Baca juga : Pengertian ICAO dan IATA Dalam Dunia Penerbangan

Dan untuk bisa mendapatkan STKP, seseorang harus mengikuti pendidikan AVSEC di lembaga pendidikan yang telah mendapatkan izin resmi dari kementrian negara. Karena di dalam STKP yang diterbitkan oleh Direktur Jendral Perhubungan Udara. Dengan surat tersebut, seseorang telah dianggap mampu menjalankan tugas sebagai AVSEC Bandara.

Itu tadi adalah Macam-Macam Profesi Dalam Dunia Penerbangan, apakah kalian tertarik berkarir di dunia penerbangan? Kini FAAST Penerbangan telah membuka pendaftaran peserta didik baru untuk program pendidikan Pramugari, Staff Penerbangan dan pramugara.

Informasi FAAST Penerbangan

Macam-Macam Profesi Dalam Dunia Penerbangan yang Berkelas
Macam-Macam Profesi Dalam Dunia Penerbangan yang Berkelas

FAAST Penerbangan adalah lembaga pendidikan yang siap mengantarkan siswa-siswinya untuk bekerja di industri penerbangan. FAAST Menjadi salah satu sekolah pramugari terbaik yang paling banyak diminati di Indonesia.

FAAST Penerbangan siap menjawab tantangan pertumbuhan dan perkembangan transportasi udara yang semakin tahun semakin berkembang

FAAST Penerbangan memiliki metode pelatihan singkat, profesional dengan biaya pendidikan terjangkau. Tempat pendidikan yang nyaman didukung dengan pelayanan yang ramah & profesional adalah kunci keberhasilan dalam menyiapkan SDM dunia penerbangan yang siap bersaing di dunia kerja

FAAST Penerbangan selain memberikan pendidikan & pelatihan, juga berusaha membantu peserta pendidikan untuk bisa bekerja didunia penerbangan melalui pembekalan ilmu sesuai kebutuhan maskapai penerbangan serta bahasa inggris yang komunikatif dan interaktif. FAAST Penerbangan juga memberikan pembentukan mental dan kepribadian sehingga menciptakan SDM yang berkualitas dan berkarakter. Tidak hanya itu, FAAST Penerbangan juga memiliki instruktur yang berkualitas dan berpengalaman.

Cara pendaftaran di FAAST Penerbangan sangat mudah, yaitu dengan mengisi FORMULIR PENDAFTARAN ONLINE. Lalu anda ikuti saja proses pendaftaran yang telah dipersiapkan. Jika kamu mengalami kesulitan dalam proses pendaftaran, maka anda bisa langsung menghubungi kontak panitia FAAST ke Kak DESTA 0822-2000-7377 (WA/ Telp).

Baca juga : 8 Persiapan Menjadi Pramugari yang Penting Untuk Kamu Ketahui

Baca juga : Pengalaman Seorang “Introvert” Menjadi Pramugari Garuda Indonesia

 

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *