Pengalaman Mengikuti Recruitmen Pramugari Qatar Airways

Pengalaman Mengikuti Recruitmen Pramugari Qatar Airways

Recruitmen Cabin Crew Qatar Airways

Pengalaman Mengikuti Recruitmen Pramugari Qatar Airways
Pengalaman Mengikuti Recruitmen Pramugari Qatar Airways

Banyak sekali wanita yang ingin menjadi pramugari, beberapa alasannya karena bisa travelling gratis ke berbagai tempat, memiliki pengalaman banyak dan gaji yang tinggi. Namun dibalik keinginan yang besar, para calon pramugari banyak yang merasa tidak percaya diri karena berbagai alasan. Karena itulah seringkali para wanita ingin tahu seperti apa sih syarat dan tahap-tahap menjadi pramugari itu. Tentu saja mereka akan lebih senang jika itu adalah pengalaman pribadi dari seseorang yang pernah ikut seleksi. Dan kabar baiknya admin sudah mempersiapkan pembahasan tentang Pengalaman Mengikuti Recruitmen Pramugari Qatar Airways.

Profil Maskapai Qatar Airways

Qatar Airways adalah nama salah satu maskapai penerbangan asal Qatar yang mempunyai basis utama di bandara International Doha. Menurut dari organisasi penerbangan Skytrax, Qatar Airways adalah salah satu maskapai dengan kualitas bintang 5. Saat ini Qatar Airways adalah salah satu anggota Arab Air Carriers Organization serta telah melayani 75 penerbangan Internasional.

Pada tahun 2011 dan 2012 maskapai ini sempat menjadi maskapai terbaik urutan pertama versi Skrytrax. Namun pada tahun 2013 maskapai ini menempati posisi kedua sebagai maskapai kelas bisnis terbaik di dunia.

22 November 1993 adalah awal berdirinya maskapai asal Qatar ini, lalu pada 20 Januari 1994 Qatar Airways memulai operasinya untuk pertama kali. Awal mulanya, maskapai ini dimiliki oleh keluarga kerajaan di Qatar. Baru pada bulan April 1997, Qatar Airways dipegang oleh manajemen baru.

Dan sekarang status kepemilikian maskapai ini adalah 50% milik pemerintah dan sisanya miliki investor swasta. Jika kamu tahu, pada tahun 2006, Qatar Airways adalah penerbangan resmi dari Asian Games tahun 2006 yang kala itu diselenggarakan di Doha, Qatar.

Syarat Menjadi Pramugari Qatar Airways

Ada beberapa syarat untuk menjadi bagian dari maskapai bintang 5 ini, antara lain sebagai berikut :

  1. Usia minimal 21 tahun
  2. Jangkauan lengan/ Arm Reach minimal 212 cm
  3. Pendidikan Minimal SMA sederajat
  4. Bisa berbahasa Inggris secara lisan dan tulisan
  5. Memiliki kesehatan yang baik/ prima
  6. Siap untuk tinggal di Doha, Qatar
  7. Memiliki kepribadian baik & Berpenampilan Menarik
  8. Bisa bekerja dengan tim multinasional/ tim yang berasal dari berbagai negara

Lalu seperti apakah syarat dan proses recruitmen pramugari Qatar Airways menurut pramugari yang telah bertugas di maskapai five stars ini?

Persiapan Menjadi Pramugari Qatar Airways

Temen-temen pasti sudah sangat penasaran kan ya dengan proses seleksi pramugari Qatar Airways? Oke langsung saja kita mulai dari persiapan pertama. Berikut ini adalah persiapan ikut seleksi pramugari Qatar Airways :

  1. Persiapkan CV, jangan lupa ya karena dalam semua recruitmen pekerjaan pasti membutuhkan CV/ surat lamaran kerja.
  2. Bawa juga foto full body dan foto ukuran kecil seperti 4×6, 3×4 atau 2×3. Untuk ukuran foto sangat variatif, jadi sesuaikan saja dengan yang diminta oleh pihak maskapai. Usahakan untuk foto kamu harus datang ke tempat foto profesional supaya hasilnya maksimal.
  3. Untuk make up khusus di maskapai Qatar Airways, pramugari ini memberikan tips penting yang akan dibagikan kepada temen-temen. Apa aja?
  • Kalian harus memakai Foundation/ alas bedak,karena waktu itu ada yang tidak memakai foundation lalu ditanyain “kenapa tidak memakai foundation?”
  • Lalu pelamar juga wajib memakai lipstick, selain itu jangan lupa juga untuk memakai blush on atau bronzer, intinya supaya muka kalian memiliki tone warna. Maskara pun penting dipakai ketika mengikuti tes pramugari Qatar Airways, setelah itu semua siap kalian tinggal menambahnya dengan bedak.
  •  Lalu apakah wajib memakai kutek? Pramugari ini bilang ketika masih rekrutmen, mendingan jangan tapi kalau sudah resmi jadi pramugari kutek menjadi wajib untuk dipakai.

Pengalaman Mengikuti Recruitmen Pramugari Qatar Airways

Pada awal menceritakan pengalamannya, ternyata kak Nensy ini adalah tipikal yang pantang menyerah. Karena rekrutmen yang sekarang ini merupakan seleksi yang kedua di maskapai Qatar Airways dan dia pernah gagal di tes pertama di maskapai yang sama. Nensy membocorkan juga kenapa dia bisa gagal di tes pertama yang diikuti.

Penyebabnya ternyata di tes tertulis bahasa Inggris, dia juga bilang “Asal kalian tau, bahasa Inggris aku itu cupu banget. Mungkin kalau kalian lihat status akuyang pakai bahasa Inggris pasti kalian bilang ya Allah Nensy grammarnya, Nensy nulisnya salah” ucap pramugari ini. Sebelum masuk ke tips kedua dia menambahkan jangan sampai kalian nggak pede ketika ikut tes pramugari,itu modal utama.

Pengalaman Tes Qatar Airways Hari Pertama

Waktu itu aku dipanggil ke suatu ruangan yang ada 2 tim rekrutmen, nah di tahap ini jangan lupa untuk melakukan Greetings/ salam dan berikan senyum yang natural. Pokoknya natural jangan dibuat-buat ya senyumnya, lalu aku memberikan CV dengan 2 tangan karena menurut aku itu gesture yang sopan. Mungkin untuk syarat di maskapai lokal ada pengukuran tes berat dan tinggi badan harus proporsional, namun tidak untuk maskapai ini. Karena kalau badan kalian terlihat ideal, tenang aja pasti kalian akan lolos ke tahap berikutnya. Yang terpenting pada tahapan arm reach kamu bisa neyentuh garis setinggi 212 cm, by the way tinggi kak Nensy ini 158cm.

Pengalaman Tes Qatar Airways Hari Kedua

Nah pada tahap ini kak Nensy mengikuti tes tertulis yang terdiri dari 25 pilihan ganda dan sisanya adalah seperti membuat tulisan mengenai beberapa topik. Pada saat tes pertama, Nensy mendapatkan soal yang bertopik mengenai bagaimana car beradaptasi dengan lingkungan baru, yang kedua dia mendapatkan topik tentang skill komunikasi. Resep jitu dari Nensy dalam mengerjakan tes essay tadi :

“Dijelaskan bahwa minimal menulis 500 kata, namun lebih baik dija dalam lembar tersebut diisi penuh saja karena itu menunjukkan kalian pede untuk menjelaskan sesuatu. Jangan menulis setengah, tiga perempat, namun harus full ya.”

Ketika itu aku lolos ke tahap berikutnya dan diminta untuk mengerjakan soal lagi mengenai topik tertentu, lagi-lagi bahasa Inggris aku diuji. Dari sisa 60 orang pelamar tadi, disaring lagi menjadi 20 orang dan sumpah rasanya seneng banget ketika aku termasuk dari 20 orang tersebut. Ketika aku ingin bekerja di maskapai Internasional yang mewajibkan bahasa Inggris dalam komunikasinya. Disisi lain bahasa Inggris aku nggak perfect-perfect amat. Jadi intinya coba saja dan Break your limit, ingat kita masih punya tuhan dan keberuntungan.

Lalu kamu akan ditanyai juga apakah memiliki bekas luka/ tanda lahir, jika ada jelaskan saja dimana letaknya. Tenang saja kalau letaknya ada di tempat yang tertutup seragam pasti tidak akan menjadi masalah kok. Dan akhirnya aku menunggu hasil final inerview yang lamanya sampai seminggu. Dan dalam masa rekrutmen, kalian dilarang dulu untuk resign dari pekerjaan sekarang karena pihak Qatar akan memberitahu kapan waktu untuk resign jika dinyatakan diterima.

Kesimpulan Tahapan Tes Pramugari Qatar Airways

Hari ke-1

  1. Menyerahkan CV dan foto full body + foto ukuran lain

Hari ke-2

  1. Tes tertulis Bahasa Inggris
  2. Arm Reach
  3. Grup Diskusi
  4. Interview Final
  5. Upload Foto
  6. Tes Medex/ Medical Examination

Dan untuk bisa bertugas di maskapai internasional seperti Qatar Airways ini tidak bisa dilakukan dengan waktu yang singkat. Karena Nensy sendiri butuh waktu 7 bulan hingga benar-benar bisa bertugas di Doha, Qatar.

Buat kalian yang ingin jadi pramugari tapi masih belum tahu apa-apa tentang ilmu penerbangan maka sangat disarankan untuk masuk ke sekolah pramugari FAAST Penerbangan. FAAST Penerbangan adalah salah satu sekolah pramugari terbaik yang paling banyak diminati oleh para calon pramugari. Untuk cara pendaftaran dan Info selengkapnya, kamu bisa mencari tahu ke Informasi Sekolah FAAST Penerbangan.

Info seputar pendaftaran peserta didik baru bisa langsung menghubungi panitia pendaftaran di nomer WA 0822-2000-7377

Demikian tentang Pengalaman Mengikuti Recruitmen Pramugari Qatar Airways, semoga bermanfaat dan tetap semangat ya!

Channel YouTube kak Nensy : Nensy Indraw

Baca Juga : Detail Syarat Jadi Pramugari Emirates Dari Pramugarinya Langsung

Baca Juga : Pengalaman Seorang “Introvert” Menjadi Pramugari Garuda Indonesia

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *