Pengalaman Seorang “Introvert” Menjadi Pramugari Garuda Indonesia

Pengalaman Seorang "Introvert" Menjadi Pramugari Garuda Indonesia

Pengalaman Seorang “Introvert” Menjadi Pramugari Garuda Indonesia

Pengalaman Walk In Interview Pramugari – Setiap orang pasti memiliki kisahnya sendiri, menurut motivator, “kesuksesan itu berpola, gagal juga berpola”. Jadi jangan kira orang yang mungkin kita lihat sekarang hidup enak tu datangnya tiba-tiba dan dalam satu malam. TIDAK! Seseorang tersebut pasti telah penuh dengan perjalanan panjang yang berat dan sangat terasa tidak nyaman. Namun karena ia memiliki keinginan dan motivasi yang kuat, maka sampailah ia ke titik tertingginya sekarang.

Kisah ini sangat menarik, karena pasti akan lebih memotivasi kalian untuk bisa mewujudkan mimpi meski harus melewati keadaan sulit dan berliku. Supaya teman-teman bisa memiliki gambaran dan semangat yang tinggi, mungkin Pengalaman Walk In Interview Pramugari ini bisa disimak terlebih dahulu. Oke lebih lengkapnya yuk simak Pengalaman Seorang Introvert Menjadi Pramugari Garuda Indonesia.

Pengalaman Seorang Introvert Menjadi Pramugari

Wanita ini adalah salah satu panutan banyak wanita yang ingin menjadi pramugari. Karena setelah 3 tahun bertugas di maskapai terbesar di Indonesia, pada tanggal 24 oktober lalu ia mengucapkan perpisahan di akun Instagram pribadinya @verawaty_ sebagai berikut :

My last flight on my birthday. Thank you @garuda.indonesia for 3 years amazing experience. I learned a lot of things from this job. A lot. :’) .
ps: thank you to my last crew for the gift and every moment we spent together in Zhengzhou.

Atau jika dalam bahasa Indonesianya berarti :

“Penerbangan terakhirku di ulang tahunku. Terimakasih @garuda.indonesia untuk pengalaman yang luar biasa selama 3 tahun. Saya belajar banyak hal dari pekerjaan ini. Sangat banyak :’).

ps: Terimakasih kepada para kru penerbangan terakhirku  dan untuk hadiahnya serta setiap momen yang kita habiskan bersama-sama di Zhengzhou”

Wanita ini mau berbagi pengalamannya dari masih sekolah hingga bisa berhasil menjadi pramugari di maskapai Garuda Indonesia. Sebelum menjadi pramugari Garuda, Vera sempat mengalami masa-masa labil untuk menentukan masa depannya. Karena itulah kisahnya ini sangat inspiratif bagi kalian yang hendak menjadi pramugari profesional.

Motivasi Menjadi Pramugari

Wanita ini kerap disapa dengan panggilan Vera, ia berasal dari kota kecil di pulau Bangka yang bernama Muntok. Kata Vera, banyak orang menyebut kotanya itu dengan nama Mentok karena di kota itu memang mentok dan buntu. Sehingga tidak ada apa-apa di kota asalny tersebut. Awal mula kenapa Vera ingin menjadi pramugari muncul ketika ia masih kecil, yaitu saat di jamannya masih suka mengisi buku harian dari binder. Mulai dari nama, hobi hingga cita-cita dituliskannya saat itu gadis keturunan chinese ini menuliskan cita-cita pertamanya untuk menjadi seorang pramugari.

Dari SD saja gadis ini sudah memiliki cita-cita menjadi pramugari “menjadi pramugari itu enak, karena bisa travelling gratis dan digaji pula”. Namun seiring berjalannya waktu, wajar anak yang baru tumbuh dewasa mengalami kebimbangan dalam menentukan cita-citanya. “Aku sendiri memiliki banyak cita-cita seperti Psikolog, Penulis, Arsitek, Presenter Berita, Artis dam model” kata Vera.

Ketika berusia 18 tahun, Vera mendapatkan saran dari kakaknya untuk meneruskan ke jenjang pendidikan kuliah. Menurut kakaknya untuk anak usia 18 diangap belum siap untuk memasuki dunia kerja. Dan Vera berpikir bahwa ada benarnya juga kata-kata kakaknya tersebut.

Saat hendak memilih jurusan, Vera menemui kegalauan lagi karena ia memiliki banyak cita-cita yang dimiliki sejak kecil. Lalu ia berinisiatif ikut tes psikologi untuk mengetahui bakat dominannya. Hasil dari tes tersebut ternyata menunjukkan hasil bahwa minat terbesar Vera adalah bidang ilmu Sosial.

Lalu setelah mengetahui minat terbesarnya, Vera mencari informasi tentang kampus yang menyediakan program pendidikan mengenai ilmu sosial. Yap wanita ini memilih jurusan ilmu komunikasi Public Relations di London School of Public Relations di kota Jakarta.

Keluar dari Zona Nyaman

Kuliah di Jakarta membuat Vera harus mau keluar dari zona nyaman, karena ia pernah bercerita waktu masih di kota asalnya Vera adalah anak pendiam, pemalu dan tertutup. Di kota Jakarta ia pun harus melawan rasa tersebut dan menantang diri sendiri untuk lebih berani tampil di depan umum. Karena waktu sekolah Vera untuk mengangkat tangan untuk menjawab pertanyaan dari guru ketika di kelas saja tidak berani. Namun kehidupan di Jakarta yang membuat ia harus bisa keluar dari zona tersebut.

Wanita luar biasa ini menjadi lebih sering mengikuti organisasi kampus, ikut kegiatan modelling sehingga membuatnya menjadi finalis Koko Cici Jakarta dan finalis Putri Indonesia 2013. Itu suatu prestasi yang sangat luar biasa bagi anak perantauan yang dulunya ia adalah seorang Introvert. Terlebih lagi Vera tidak pernah memiliki basic modelling, hal itu karena kemauan dan salah satu cita-citanya sejak kecil.

Pengalaman Ikut Tes Pramugari

Setalah berhasil menjadi finalis Putri Indonesia mmenjadi Juara 1 dan orang tuanya diundang duduk di kursi VIP saat itu. Ia mengaku sangat senang sekali dengan hal tersebut karena telah membuat kedua orang tuanya merasa bangga melihat putrinya menjadi juara di ajang yang cukup bergengsi di bidang modelling.

Perjalanan Vera mengikuti tes pramugari pun dimulai, karena profesi pramugari adalah cita-citanya sejak kecil dan ia sangat ingin mewujudka impiannya tersebut. Maskapai pertama yang ingin dilamar oleh wanita cantik ini adalah Singapore Airlines, namun masalahnya karena ijazah S1 belum turun membuat Vera tidak bisa mengikuti tes dimaskapai ini. Lalu di maskapai internasional Qatar Airways ia juga belum mendapat keberuntungan, ia gagal di tes interview pramugari.

Luar biasanya, wanita ini masih mencoba untuk menaruh lamaran di maskapai internasional lainnya yaitu Emirates. Dia berani mencoba lagi karena di Emirates memberikan syarat pendidikan minimal SMA. Jadi ia memberanikan diri untuk melamar ke salah satu maskapai terbaik dunia ini. Namun lagi-lagi dia mengalami kegagalan di tahan English Test/ Bahasa Inggris. Jelas kegagalan yang berturut-turut seperti itu membuat seseorang menjadi merasa drop, termasuk yang terjadi pada Vera ini sangat manusiawi.

Entah kriteria seperti apa yang diinginkan oleh maskapai internasional tersebut sehingga tidak menerima kandidat pramugari yang memiliki banyak keunggulan ini. Dan dari beberapa pengalaman tes pramugari yang dijalani oleh wanita cantik tersebut, akhirnya ia menemui keberhasilan dengan menjadi pramugari di salah satu maskapai Terbaik di Indonesia. Kali ini perjuangannya berhasil dan masuk ke maskapai Garuda Indonesia.

Pengalaman Walk In Interview Pramugari Garuda Indonesia

Setelah mengalami banyak kegagalan, Vera akhirnya dinyatakan lolos seleksi dan menjadi pramugari maskapai terbaik Indonesia ini. Dengan begitu akhirnya Vera berhasil mewujudkan cita-citanya sejak kecil. Seperti tes pramugari pada umumnya, dimulai dari tes performance/ tes penampilan. Tes ini meliputi pengukuran tinggi badan dan berat badan. Mungkin bagi orang lain ini adalah tes paling gampang, namun bagi Vera ini adalah tes paling sulit karena ia merasa bahwa tubuhnya tinggi diantara cewek lain dan kurus banget waktu itu.

Semua tes pramugari yang ada di maskapai Garuda Indonesia berhasil dilalui oleh wanita yang lahir dari kota Muntok ini. Dari tes performance, psikotes & Bahasa Inggris, interview, background check, Tes medex hingga interview tahap akhir/ Pantukhir. Mantan finalis Putri Indonesia ini pun berpesan untuk para remaja putri Indonesia untuk terus mengejar mimpinya walaupun keadaannya terasa sulit.

Karena hal yang sulit pun dilalui oleh Vera ini, dari lahir di daerah terpencil, akses internet yang susah, bahkan ketika di bangku sekolah ia memiliki sisi pendiam, pemalu atau Introvert. Namun karena besarnya impian yang dimiliki sejak kecil, ia menantang dirinya sendiri untuk lebih berani keluar dari zona nyamannya.

“Mau suku apapun kamu, mau agama apapun kamu, kamu berasal dari pedalaman kampung sekalipun, mau kulit hitam atau putih, itu bukanlah batas untuk mengejar mimpi-mimpi besar kalian. Semua orang bisa jadi apa yang mereka impikan asal terus berusaha, kerja keras dan berdoa. Jangan karena omongan orang, semangat dan impian kalian jadi padam” ujar wanita yang masa lalunya introvert ini.

Nah kisah luar biasa wanita asal pulau Bangka ini semoga bisa menginspirasi kita semua dalam memnperjuangkan cita-cita. Walaupun mengalami kegagalan berkali-kali, itu bukan alasan untuk menyerah. Karena bukan hanya kita saja yang pernah mengalami kegagalan, semua orang sukses pasti pernah mengalami kegagalan. Namun bedanya ia mau terus untuk mencoba hingga impiannya terwujud. Menurut rumor yang ada, ia ingin melanjutkan karirnya di maskapai Emirates, namun hal itu belum terkonfirmasi. Buat kalian yang terobsesi menjadi pramugari, teruslah berjuang hingga impian kalian tercapai! Terus semangat ya sist!

Instagram Vera : @verawaty_

Youtube Vera     : Verawaty_

Info Sekolah Pramugari Terbaik

FAAST Penerbangan siap menjawab tantangan pertumbuhan dan perkembangan transportasi udara yang semakin tahun semakin berkembang

FAAST Penerbangan memiliki metode pelatihan singkat, profesional dengan biaya pendidikan terjangkau. Tempat pendidikan yang nyaman didukung dengan pelayanan yang ramah & profesional adalah kunci keberhasilan dalam menyiapkan SDM dunia penerbangan yang siap bersaing di dunia kerja

FAAST Penerbangan selain memberikan pendidikan & pelatihan, juga berusaha membantu peserta pendidikan untuk bisa bekerja didunia penerbangan melalui pembekalan ilmu sesuai kebutuhan maskapai penerbangan serta bahasa inggris yang komunikatif dan interaktif. FAAST Penerbangan juga memberikan pembentukan mental dan kepribadian sehingga menciptakan SDM yang berkualitas dan berkarakter. Tidak hanya itu, FAAST Penerbangan juga memiliki instruktur yang berkualitas dan berpengalaman. Info pendaftaran bisa langsung menghubungi panitia pendaftaran di nomer WA 0822-2000-7377 ( KAK DESTA )

Baca Juga : Pengalaman Manis Recruitmen Pramugari Garuda Lion Air Asia Batik Air

Baca Juga : Bocoran Soal Tes Bahasa Inggris Pramugari Beserta Jawabannya

Respond For " Pengalaman Seorang “Introvert” Menjadi Pramugari Garuda Indonesia "

error: Content is protected !!
WhatsApp chat

 

SEGERA GABUNG BERSAMA KAMI DAN RAIH SUKSESMU UNTUK MENJADI PRAMUGARI PRAMUGARA & STAFF AIRLINES

 

Formulir Pendaftaran Klik Disini

Jika membutuhkan bantuan, klik Bantuan untuk menghubungi kami melalui Whatsapp

 

FAAST Penerbangan

"Where Success Begins..."