Rincian Biaya Pendidikan Sekolah AVSEC Terbaru Tahun 2020

Apa Saja Jenis-Jenis Profesi Di Bandara Yang Perlu Kamu Tahu

Perkembangan Bidang Penerbangan Indonesia

Rincian Biaya Pendidikan Sekolah AVSEC Terbaru Tahun 2020
Rincian Biaya Pendidikan Sekolah AVSEC Terbaru Tahun 2020

Di jaman yang semakin maju ini kita semua pasti merasakan perkembangan teknologi yang sangat cepat. Mulai dari cara berkomunikasi sampai metode transportasi. Beberapa tahun yang lalu kita hanya bisa menggunakan handphone untuk mengirim pesan dan menelepon, itupun dikenai tarif yang terbilang tinggi. Tapi sekarang kita semua hampir memiliki yang namanya smartphone.

Bisa dipakai main game, bisa streaming film, nonton bola secara live dan video call/ panggilan video, itupun dengan biaya internet yang cukup terjangkau. Untuk mode transportasi, kita dulu belum mengenal dengan ojek online yang bisa dipesan dengan cara memencet smartphone saja. Cepat dan praktis, yap itulah yang kita inginkan di era yang semakain maju ini. Terlebih lagi mobilitas masyarakat yang semakin meningkat seperti sekarang, mereka menginginkan alat transportasi yang bisa mengantar mereka dengan nyaman, aman dan efisien. Jawaban untuk alat transportasi itu adalah pesawat terbang.

Di Indonesia sendiri perkembangan industri penerbangan sangatlah cepat dari tahun ke tahun. Banyak maskapai pneerbangan yang menambah jumlah rute terbang, menambah armada bahkan ada juga maskapai baru yang bermunculan. Namun hal tersebut ternyata memiliki dampak baik untuk kesempatan berkarir di bidang penerbangan. Karena demi kelancaran suatu operasi penerbangan, maka dibutuhkan tenaga kerja secara kualitas dan kuantitas.

Tertarikkah kamu berkarir di dunia penerbangan?

Dibalik suatu penerbangan ternyata bukan hanya Pilot atau Pramugari saja yang memiliki peran penting. Masih ada petugas lainnya seperti Staff Penerbangan, AVSEC/ Aviation Security, Marshaller, ATC dll. Namun pada kesempatan ini admin akan lebih fokus untuk membahas mengenai AVSEC dulu guys!

Pengertian AVSEC adalah personil yang bertugas menjaga keamanan dan kenyamanan seluruh pengguna jasa penerbangan yang ada di bandara. Penjagaan tersebut tidak terkecuali pada seluruh instalasi dan fasilitas yang ada di bandara.

Persyaratan Menjadi AVSEC

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Pria/ Wanita
  3. Pendidikan minimal SMA/ SMK sederajat
  4. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris secara aktif
  5. Sehat jasmani & rohani, tidak mempunyai riwayat penyakit menular yang dinyatakan dengan surat keterangan Sehat yang dikeluarkan oleh Dokter/ Rumah Sakit
  6. Tidak berkacamata/contact lens
  7. Memiliki Postur tubuh tegap
  8. Tidak menggunakan narkoba & Tidak buta warna
  9. Tidak bertato dan tidak ditindik
  10. Belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama masih berstatus Calon Pegawai
  11. Berkelakuan Baik (dinyatakan dalam Surat Keterangan Catatan Kepolisian)
  12. Tidak pernah dipenjara atau kurungan berdasarkan keputusan dari pengadilan yang sudah memiliki kekuatan hukum tetap
  13. Tubuh proporsional (Tinggi Badan minimal Pria = 170 cm, Tinggi Badan minimal Wanita= 160 cm)
  14. Memiliki STKP/ Lisensi basic Avsec

Pengertian STKP :

STKP (Surat Tanda Kecakapan Personil) yaitu bukti/ surat tanda kecakapan seseorang tentang keamanan dan keselamatan dan surat tersebut dikeluarkan oleh Direktorat Jendral Perhubungan Udara. Surat tersebut harus dimiliki oleh semua calon keamanan bandara atau Aviation Security / AVSEC.

Supaya bisa memiliki STKP, seseorang wajib melewati tahap tes yang cukup ketat. Tes tersebut terdiri ddari tes pengetahuan penerbangan, tes kesehatan, tes wawancara, tes fisik dan tes lainnya. STKP penting bagi persyaratan untuk menjadi AVSEC bandara, dengan memiliki surat tersebut seseorang dianggap layak untuk menjadi petugas keamanan bandara.

Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Udara tersebut ada di Nomor : SKEP/2765/XII/2010 Bab I butir 9. AVSEC Aviation Security yang ada di Indonesia adalah unit kerja yang dibentuk oleh PT. Angkasa Pura untuk memenuhi kebijakan/ peraturan internasional dan nasional sebagai pengelola dan penyedia jasa keamanan penerbangan bandara.

Gaji Petugas AVSEC Bandara

Untuk gaji personil AVSEC Indonesia termasuk sangat layak, terlebih profesi ini merupakan pekerjaan yang bergengsi dan memiliki banyak peminat. Petugas AVSEC bukanlah profesi sembarangan karena tak setiap orang bisa menjadi seorang petugas AVSEC Bandara. Mengenai gaji AVSEC pastinya ada perbedaan pada setiap daerah dimana tempat petugas tersebut bekerja, karena pengaruh UMR daerah dan berapa lama bekerja. Nah hal tersebut bisa mempengaruhi besar gaji yang dapat diterima setiap bulannya.

Gaji AVSEC bandara yang dibawahi oleh Angkasa Pura berkisar Rp 6 juta per bulan, gaji tersebut belum ditambah dengan tunjangan lainnya. Selain gaji pokok, setiap karyawan Angkasa Pura juga akan diberikan beberapa jenis tunjangan yang ada berikut ini :

  1. Uang makan
  2. Jaminan BPJS
  3. Tunjangan uang transportasi/ tunjangan BBM
  4. Insentif produksi
  5. Tunjangan license & rating
  6. Tunjangan kesejahteraan keluarga
  7. Sumbangan uang sewa rumah
  8. Tunjangan perumahan akhir masa tugas
  9. Pakaian seragam dinas & pakaian olahraga
  10. Tunjangan cuti
  11. Tunjangan hari tua dan manfaat pensiun
  12. Sumbangan perkawinan, kelahiran dan kematian

Nama Sekolah Penerbangan Terbaik

Dari sekian banyak peminat yang ingin masuk di sekolah penerbangan pasti pernah mengalami kebingungan untuk memilih dimana sekolah AVSEC yang berkualitas baik. Namun kamu tidak usah khawatir, karena ada sekolah penerbangan yang sangat rekomended buat kamu! Sekolah tersebut bernama FAAST Penerbangan.

FAAST Penerbangan siap menjawab tantangan pertumbuhan dan perkembangan transportasi udara yang semakin tahun semakin berkembang

FAAST Penerbangan memiliki metode pelatihan singkat, profesional dengan biaya pendidikan terjangkau. Tempat pendidikan yang nyaman didukung dengan pelayanan yang ramah & profesional adalah kunci keberhasilan dalam menyiapkan SDM dunia penerbangan yang siap bersaing di dunia kerja

FAAST Penerbangan selain memberikan pendidikan & pelatihan, juga berusaha membantu peserta pendidikan untuk bisa bekerja didunia penerbangan melalui pembekalan ilmu sesuai kebutuhan maskapai penerbangan serta bahasa inggris yang komunikatif dan interaktif. FAAST Penerbangan juga memberikan pembentukan mental dan kepribadian sehingga menciptakan SDM yang berkualitas dan berkarakter. Tidak hanya itu, FAAST Penerbangan juga memiliki instruktur yang berkualitas dan berpengalaman.

Unruk tahun ini jurusan AVSEC nya tidak diadakan, bagi yang berimat untuk jurusan tersebun bisa mempertimbangkan untuk mengambil jurusan lainnya seperti STAFF Penerbangan atau PRAMUGARA/i

 

Tertarik menjadi STAFF bandara? Masuk ke sekolah penerbangan dulu yuk! Caranya pendaftarannya dengan mengisi FORMULIR PENDAFTARAN disini. Untuk infomasi lainnya kamu juga bisa menghubungi admin FAAST ke kontak Kak DESTA 0822-2000-7377 (Whatsapp).

Demikian pembahasan tentang Rincian Biaya Pendidikan Sekolah AVSEC Terbaru Tahun 2020, semoga bermanfaat. Terimakasih

Baca juga : Petugas AVSEC Itu Termasuk PNS atau Bukan? Ini Penjelasannya

Baca juga : 8 Syarat Menjadi Petugas AVSEC Bandara, Nomor 7 Penting!

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *