Tes Buta Warna Pramugari yang Penting Untuk Dipelajari

Tes Buta Warna Pramugari yang Penting Untuk Dipelajari

Seperti Apa Tes Buta Warna Pramugari

Tes Buta Warna Pramugari – Menjadi pramugari merupakan idaman bagu para wanita di Indonesia. Alasannya beragam, mulai dari gaji yang besar, fasilitas lengkap, bisa keliling berbagai daerah dan masih banyak alasan lainnya. Namun untukmenjadi pramugari tidak semudah yang dibayangkan. Karena calon pramugari harus melewati berbagai tahap tes dan harus memenuhi syarat menjadi pramugari sesuai yang ditentukan maskapai penerbangan.

Tes Buta Warna Pramugari yang Penting Untuk Dipelajari
Tes Buta Warna Pramugari yang Penting Untuk Dipelajari

Kali ini admin ingin membahas tentang tes buta warna pramugari dan kenapa harus ada tes buta warna pramugari? Sebenarnya bukan hanya profesi pramugari saja yang menganggap penting tes ini, di perusahaan lainnya juga ada tes semacam ini menyangkut kesehatan mata. Karena akan sangat berbahaya jika sedang terjadi keadaan darurat, karyawan harusnya menekan tombol merah, namun karena dia mengidap buta warna yang ditekan malah tombol alarm selain warna merah. Maka hal tersebut dapat membahayakan orang banyak termasuk dirinya sendiri. Lalu apakah kita semua bisa membayangkan jika hal tersebut terjadi pada suatu penerbangan?? Karena itu terus simak Tes Buta Warna Pramugari yang Penting Untuk Dipelajari.

Syarat Menjadi Pramugari

Setiap maskapai penerbangan mempunyai kriteria persyaratannya masing-masing dalam penerimaan pramugari. Berikut ini syarat umum menjadi pramugari :

  1. WNI/ Warga Negara Indonesia
  2. Wanita usia minimal 18 tahun
  3. Pendidikan minimal SMA Sederajat
  4. Tinggi minimal 158 cm, berat badan ideal
  5. Berpenampilan menarik
  6. Berkepribadian baik
  7. Sehat Jasmani & Rohani
  8. Tidak buta warna dan tidak hepatitis
  9. Belum menikah
  10. Dapat berbahasa Inggris lisan ataupun tulisan

Syarat pramugari diatas hanya syarat secara umum saja, bisa saja maskapai yang sedang membuka lowongan pramugari memiliki syarat yang sedikit berbeda dari syarat diatas.

Tahap Tes Pramugari

Apabila calon pramugari sudah memenuhi persyaratan pramugari diatas, saatnya calon pramugari memasuki tahap tes pramugari yang cukup panjang. Inilah tahapan tes pramugari :

  1. Tes Penampilan / Tes Performance
  2. Psikotest / English/ Bahasa Inggris
  3. Wawancara/ Interview
  4. Tes Medex/ Tes Kesehatan Pramugari
  5. ASKAM
  6. Pantukhir

Untuk penjelasannya ke Macam-Macam Tes Pramugari Terbaru

Nah kembali lagi ke syarat menjadi pramugari, dijelaskan bahwa point nomor 8 yang menyebutkan ‘Tidak buta warna & Tidak Hepatitis’. Sudah sangat jelas bahwa disebutkan dalam syarat pramugari yang berarti calon pramugari yang mengidap buta warna tidak bisa diterima sebagai pramugari. Sebenarnya bukan hanya pramugari, banyak profesi yang mengadakan tes buta warna kepada calon karyawannya.

Karena hal tersebut berkaitan dengan kesehatan penglihatan karyawan dan nantinya akan berpengaruh pada performa ketika bekerja. Sebelum masuk ke Tes Buta Warna Pramugari yang Penting Untuk Dipelajarikita lihat dulu jenis tes buta warna yang ada.

Jenis-Jenis Tes Buta Warna

Tanggung jawab dan tugas pramugari sangat berat yaitu demi keamanan dan kenyamanan penumpang pesawat. Bermacam alat-alat cockpit dan instruksi dengan banyak macam warna dibutuhkan pramugari yang memiliki kesehatan yang baik tidak luput pada kesehatan matanya.

Ada 2 jenis tes buta warna yang bisa diketahui secara langsung, nama tes buta warna tersebut adalah tes ishihara dan tes penyusunan.

1.Tes Ishihara

Tes buta warna yang paling sering digunakan adalah tes ishihara. Seseorang akan diminta untuk melihat angka atau bentuk yang samar dalam gambar berupa titik berwarna. Tes buta warna Ishihara membutuhkan ketelitian dan kecermatan.

Jadi meskipun calon pramugari itu sebenarnya tidak buta warna, jangan sampai salah menyebutkan angka yang ada. Sebagai contoh sebenarnya itu angka 3 namun seperti angka 8. Justru kesalahan seperti ini yang membuat calon pramugari gagal lolos menjadi pramugari profesional.Tapi tes ishihara ini sebagai diagnosa buta warna khusus warna merah dan hijau.

2.Tes penyusunan

Kandidat pramugari akan disuruh menyusun objek berwarna yang diminta oleh pihak maskapai. Objek berwarna itu harus disusun sesuai dengan gradasi warna  yang dilihat. Gradasi warna haruslah warna-warna sejenis dari gelap ke terang atau sebaliknya.

Contohnya, gradasi dari warna hitam, abu-abu tua, abu-abu muda sampai ke warna putih. Pelamar harus dapat membedakan warna yang sejenis dan jangan sampai tertukar. Tes buta warna pramugari jenis ini lumayan mudah bagi calon pramugari yang memiliki kesehatan baik dan tidak buta warna.

Tes Buta Warna Pramugari yang Penting Untuk Dipelajari

Berikut ini ada beberapa Tes Buta Warna Pramugari buat anda sebelum mengikuti tes pramugari atau tes masuk perusahaan lainnya.

 

Dari gambar yang ada diatas, coba kamu tebak ada angka berapa berhasil kamu lihat. Dan admin juga menyiapkan jawabannya dibawah ini. Setelah menjawabnya, silahkan untuk mencocokkan jawaban kamu dengan yang admin siapkan.

Seperti yang admin bilang, jika seseorang memiliki penyakit buta warna maka itu akan berpotensi membahayakan dirinya dan orang banyak ketika di dunia kerja. Oleh sebab itu buat kamu yang masih memiliki mata yang sehat usahakan terus menjaga kesehatan mata kalian dengan beberapa cara. Salah satunya adalah dengan rutin mengonsumsi jus wortel yang kaya akan vitamin A.

Apakah kamu sudah menemukan jawaban dari gambar diatas tadi? Dibawah ini adalah jawabannya dari gambar tes buta warna pramugari yang diatas tadi.

  1. 8
  2. 35
  3. 73
  4. 16
  5. 2

Jika jawaban kamu benar, maka dapat disimpulkan mata anda sehat dari buta warna. Namun hati-hati juga, karena kurang teliti, bisa saja yang sebenarnya memiliki mata normal bisa saja memberikan jawaban yang kurang tepat. Dan hal seperti itu akan sangat fatal jika hal itu terjadi ketika mengikuti tes pramugari. Biasakanlah menjawab tes pramugari dengan tenang dan teliti termasuk ketika memasuki tes buta warna. Karena tes ini dibutuhkan kecermatan dalam menjawabnya.

Pramugari yang mengidap buta warna dapat menganggu kenyamanan penumpang dan kelancaran penerbangan pesawat. Hal ini sepertinya sepele tapi bisa berakibat fatal pada keselamatan seluruh penumpang yang ada di pesawat.

Jelas saja saja tidak ada yang mau mengambil resiko untuk menerima pramugari yang menderita buta warna. Karena itulah, tes buta warna pramugari termasuk salah satu tes penting yang wajib dijalani dengan baik oleh semua calon pramugari.

Tips Menjadi Pramugari

Oleh sebab itu FAASTPenerbangan hadir sebagai tempat pendidikan dan pelatihan pramugari terbaik yang telah berlisensi resmi. FAAST Penerbangan terbukti unggul dengan, legalitas resmi dari Direktur Jenderal Perhubungan Udara. Selain itu banyak lulusan FAAST yang telah bekerja di industri penerbangan bergengsi. Bagaimana cara pendaftarannya?

FAAST Penerbangan siap menjawab tantangan pertumbuhan dan perkembangan transportasi udara yang semakin tahun semakin berkembang

FAAST Penerbangan memiliki metode pelatihan singkat, profesional dengan biaya pendidikan terjangkau. Tempat pendidikan yang nyaman didukung dengan pelayanan yang ramah & profesional adalah kunci keberhasilan dalam menyiapkan SDM dunia penerbangan yang siap bersaing di dunia kerja

FAAST Penerbangan selain memberikan pendidikan & pelatihan, juga berusaha membantu peserta pendidikan untuk bisa bekerja didunia penerbangan melalui pembekalan ilmu sesuai kebutuhan maskapai penerbangan serta bahasa inggris yang komunikatif dan interaktif. FAAST Penerbangan juga memberikan pembentukan mental dan kepribadian sehingga menciptakan SDM yang berkualitas dan berkarakter. Tidak hanya itu, FAAST Penerbangan juga memiliki instruktur yang berkualitas dan berpengalaman.

Cara pendaftaran di FAAST Penerbangan sangat mudah sekali! Caranya adalah dengan mengisi FORMULIR PENDAFTARAN DISINI, lalu ikuti petunjuk pendaftarannya disana. Apabila mengalami kesulitan, jangan ragu untuk menghubungi panitia FAAST ke 0822 2000 7377 (WA/ Telp) Kak DESTA.

Demikian pembahasan tentang Tes Buta Warna Pramugari yang Penting Untuk Dipelajari. Semoga bisa bermanfaat. Terimakasih

Baca Juga : 4 Kampus Pramugari Terbaik Indonesia & Pendaftaran Kelas 2019

Baca Juga : Syarat Masuk Sekolah Pramugari FAAST Penerbangan Terbaru 2019

 

 

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *