Tes Kesehatan Gigi Pramugari, Apa Saja Yang Diperiksa?

Syarat Menjadi Pramugari Apakah Gigi Harus Rapi? Apa Pramugari Boleh Memakai Gigi Palsu?

Tes Kesehatan Gigi Pramugari

Tes Kesehatan Gigi Pramugari, Apa Saja Yang Diperiksa?
Tes Kesehatan Gigi Pramugari, Apa Saja Yang Diperiksa?

Tes kesehatan pramugari atau secara umum tes kesehatan industri penerbangan disebut dengan medical examination(Medex) , Tes medex itu meliputi pemeriksaan kesehatan organ dalam dan organ luar, Misalnya pengecekan organ dalam seperti cek kesehatan Jantung/EKG , paru-paru, test urine, darah. Pemeriksaan organ luar meliputi pemeriksaan fisik menyeluruh mulai dari kesehatan mata : Tidak buta warna, tidak minus. Kesehatan teliga , Kesehatan tulang dan tes kesehatan gigi pramugari.

Pemeriksaan kesehatan bukan hanya pada profesi penerbangan saja loh gengs, hampir semua perusahaan mengadakan tes kesehatan saat rekrutmen karyawan. Tujuan dari tes medis ini adalah sebagai cara untuk memestikan kesehatan calon karyawan baru. Memastikan bahwa calon karyawan baru tidak mempunyai riwayat penyakit serius yang dapat kambuh kapan saja. Nah hal tersebut terjadi juga pada perekrutan pramugari, kali ini admin akan membahas Tes Kesehatan Gigi Pramugari, Apa Saja Yang Diperiksa?

Persyaratan Menjadi Pramugari

Buat kamu yang ingin menjadi seorang pramugari, maka wajib untuk menyimak beerapa syarat jadi pramugari dibawah ini:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Wanita
  3. Umur 18 tahun-27 tahun
  4. Pendidikan minimal SMA Sederajat
  5. Tinggi minimal 158cm, berat badan ideal
  6. Tidak memiliki riwayat penyakit serius
  7. Sehat jasmani & rohani
  8. Tidak berkacamata (lensa kontak diperbolehkan minus -3.00, silindris C -1.00)
  9. Berpenampilan menarik dan berkepribadian baik
  10. Tidak buta warna & tidak hepatitis
  11. Dapat berbahasa Inggris

Baca Juga:

  1. Tahap Tes Menjadi Pramugari yang Wajib Diketahui
  2. Tahap Tes Performance Pramugari dan Tips Lolos Seleksi Pramugari

Bisakah Gigi Berlubang Menjadi Pramugari?

Selain masuk kriteria kesehatan, penampilan gigi yang rapi dan bersih masuk kriteria penampilan fisik pramugari! Pramugari tidak diperbolehkan memakai behel , tapi diperbolehkan kalau menggunakan gigi palsu, karena jika memiliki kekurangan seperti gigi ompong, maka gigi palsu berfungsi untuk menutupi kekurangan tersebut sekaligus membuat peanmpilan menjadi lebih menarik.

Lalu bagaimana dengan persyaratan kesehatan gigi ? Apa saja yang diperiksa saat tes kesehatan gigi pramugari? Apakah gigi berlubang bisa mendaftar pramugari? Jawabannya bisa! asalkan bersedia menambalkan giginya terlebih dahulu sebelum megikuti tes seleksi masuk pramugari.

Bagaimana Jika Gigi Tidak Sehat Bekerja Di Penerbangan ?

Menurut jurnal ilmiah menyatakan bahwa ada keterkaitan antara gigi berlubang dengan pekerjaan tertentu misalnya pilot atau pramugari. Pekerjaan ini rentan menghadapi  nyeri gigi yang disebabkan karena perubahan tekanan atmofser, namun rasa ini akan hilang ketika kembali mencapai daerah bertekanan normal. Lapisan email gigi yang terbuka bisa lebih sensitif pada perubahan suhu atau daerah ketinggian.

Karena akibat yang cukup serius dikhawatirkan bisa menggangu kesehatan para pekerja penerbangan ,seperti Pramugari yang memiliki tugas wajib terus menerus menjalani penerbangan .Maka seperti penjelasan diatas , kandidat Pramugari disarankan untuk menambal giginya yang berlubang agar tidak menjadi suatu masalah ketika bertugas di penerbangan.

Pendapat dokter Medical Check Up, rasa sakit gigi dapat menjadi tambah parah apabila terkena tekanan saat take off ataupun landing. Dengan kata lain, jika hal tersebut terjadi maka jelas seorang pramugari tidak akan maksimal menjalankan tugasnya ketika mengalami sakit gigi.

Apa Saja Yang Diperiksa Saat Tes Kesehatan Gigi Pramugari

Syarat Kriteria Tes Kesehatan Gigi Pramugari :

  • Gigi rapi atau utuh
  • Gigi tidak goyang atau copot
  • Warna gigi terlihat putih kekuningan
  • Gigi tidak berlubang, tidak ditemukan plak, karies atau karang gigi
  • Gusi melekat erat pada tulang, tidak sakit, dan tidak mudah berdarah

Tips Merawat Gigi 

  1. Biasakan untuk rutin sikat gigi setelah makan dan sebelum tidur, terlebih sesudah makan makanan yang manis layaknya permen atau es krim. Pakailah sikat gigi yang seperti bentuk rahang dan jangan menyikat gigi dengan terlalu keras untuk menghindari resiko abrasi gigi dan turunnya gusi. Kamu juga bisa berkumur memakai obat kumur gigi dan menyikat perlahan lidah dengan sikat gigi supaya nafas selalu segar.
  2. Konsultasi ke dokter gigi secara berkala setiap setengah tahun sekali untuk pengecekan kesehatan gigi, usahakan setiap 6-12 bulan sekali untuk pembersihan karang gigi.
  3. Memperbanyak konsumsi buah dan sayur yang banyak mengandung mineral, kalsium, dan vitamin yang membantu menambah kekuatan gigi.

Apabila kamu sudah memiliki niat untuk menjadi seorang pramugari dari awal, maka lakukanlah persiapannya dari sekarang. Salah satunya adalah dengan merawat gigi dengan sebaik mungkin dari sekarang juga. Karena dengan gigi yang sehat, kamu tidak usah mersa khawatir lagi untuk menjalani tes kesehatan gigi pramugari. Dan yang harus kamu lakukan adalah mempersiapkan persyaratan yang lainnya.

Cara Menjadi Pramugari

Tes Kesehatan Gigi Pramugari, Apa Saja Yang Diperiksa?
Tes Kesehatan Gigi Pramugari, Apa Saja Yang Diperiksa?

Pramugari adalah profesi bergengsi dan berkelas, dengan berbagai penawaran yang menggiurkan profesi ini menjadi favorit bagi banyak wanita di Indonesia. Bukan hanya di Indonesia saja, karena hampir di seluruh dunia pekerjaan di bidang penerbangan memang memiliki peminat yang banyak. Khusunya untuk profesi Pilot, Pramugari, AVSEC sampai Staff Penerbangan dll.

Salah satu cara untuk bisa mengikuti tes seleksi pramugari adalah dengan mencari informasi lowongan pramugari di website resmi maskapai yang akan kamu tuju.

Karena banyak hal yang bisa didapatkan jika menjadi seorang pramugari, salah satunya adalah gaji yang tinggi, berwisata ke berbagai tempat secara gratis, memiliki wawasan luas, menginap di hotel mewah gratis dan banyak keuntungan lainnya. Namun ada hal yangharus kamu tahu ya girls, menggapai profesi yang menjadi impian banyak orang tentunya tidak mudah. Persaingan ketat jelas akan terjadi disana, maka dari itu wawasan dunia penerbangan amat penting untuk kamu pelajari dan dikuasai.

Jika kamu masih tidak tahu apa-apa mengenai dunia penerbangan maka itu akan menjadi hal yang kurang menguntungkan, karena selain kamu harus menghadapi rangkaian tes yang ketat para pesaing yang ada rata-rata adalah para lulusan sekolah pramugari yang memiliki bekal ilmu yag cukup di dunia penerbangan. Jika hal itu terjadi maka peluang kamu untuk jadi pramugari menjadi sangat kecil dan kamu hanya akan membuang-buang waktu saja.

Oleh sebab itu masuk ke sekolah pramugari adalah langkah yang tepat mempersiapkan diri untuk menjadi pramugari profesional. Berikut ini informasi masuk sekolah pramugari terbaik di Indonesia.

Baca Juga: Berapa Lama Masa Ideal Pendidikan di Sekolah Pramugari

Cara Pendaftaran Sekolah Pramugari FAAST Penerbangan

Tes Kesehatan Gigi Pramugari, Apa Saja Yang Diperiksa?
Tes Kesehatan Gigi Pramugari, Apa Saja Yang Diperiksa?

Gelombang pendidikan di FAAST Penerbangan ada 2 kali dalam setahun yakni pada bulan  Juli dan November.

Cara pendaftaran ke FAAST ada 2 cara yaitu:

Pendaftaran dapat dilakukan dengan datang langsung ke kampus FAAST terdekat dengan membawa cetakan formulir pendaftaran online atau melakukan pendaftaran langsung melalui online.

  • Setiap calon calon siswa/i baru wajib mengisi FORMULIR PENDAFTARAN ONLINE FAAST terlebih dahulu.
  • Cara daftar online dapat dilihat disini!!
  • Biaya pendidikan sekolah pramugari ada disini!!
  • Supaya pendaftaran bisa menjadi lebih lancar dan mudah maka proses pendaftaran dapat dikoordinasikan dengan panitia pendaftaran siswa/siswi baru ke 0822 2000 7377 (WA/ Telp)  Kak DESTA
  • Penutupan pendaftaran kampus penerbangan FAAST dapat ditutup kapan saja jika kuota siswa/siswi sudah terpenuhi.
  • Untuk informasi pendaftaran lebih lanjut Hubungi kontak 0822 2000 7377 (WA/ Telp)  Kak DESTA

Karena penerimaan peserta didik baru pada setiap gelombang terbatas untuk 150 orang saja, ayo daftarkan dirimu sekarang juga sebelum pendaftaran ditutup!

Demikian pembahasan tentang Tes Kesehatan Gigi Pramugari, Apa Saja Yang Diperiksa? 

Semoga bermanfaat ya, jika kamu merasa artikel ini bermanfaat silahkan share kepada kerabat atau teman-teman kamu supaya mendapatkan manfaat juga. Terimakasih

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *